Amalan Yang Dianjurkan Di Malam Nuzulul Qur’an

Syauqisubuh- Dalam buku Amalan di Bulan Ramadhan, Mardiyah (2012 : 36) disebutkan bahwa ada beberapa amalan yang bisa kita lakukan dalam mengisi malam Nuzulul Quran di antaranya adalah sebagai berikut ini:


Itikaf

Itikaf merupakan amalan yang bisa dilakukan saat malam Nuzulul Quran dengan cara berdiam diri di masjid atau itikaf, membaca Al-Qur’an, berdzikir, berdoa, dan melaksanakan shalat malam.

Selain itu, pengertian itikaf berdasarkan empat madzhab adalah pertama menurut Hanafi artinya berdiam di dalam masjid disertai dengan puasa dan niat itikaf 'berdiam'. Kemudian, pengertian itikaf menurut madzhab Maliki adalah berdiamnya seorang Muslim yang mumayyiz di sebuah masjid yang boleh didatangi semua orang, diiringi dengan puasa sambil menjauhi jimak selama sehari semalam atau lebih dengan tujuan beribadah.

Menurut madzhab Syafi'i, itikaf adalah berdiamnya seseorang dengan kreterian khusus di dalam masjid dengan niat. Madzhab Hambali mengartikan itikaf sebagai berdiam di masjid untuk beribadah dengan tata cara tertentu sekurang-kurangnya selama sesaat, yang dilakukan seorang Muslim waras dan suci dari perkara yang mewajibkan mandi.

Sementara itu, tujuan itikaf adalah untuk menjernihkan hati dengan cara bermuraqabah kepada Allah, memusatkan diri untuk beribadah dalam waktu-waktu luang, dengan berkonsentrasi kepada ibadah tersebut dan kepada Allah. Umat Islam yang menjalankan itikaf juga harus melepaskan diri dari kesibukan duniawi, berserah diri kepada Allah agar mendapat perlindungan-Nya.

Untuk menjalani itikaf dengan hati yang ikhlas seseorang harus mengucapkan niat. Hal ini menjadi salah satu syarat sah dalam menjalankan itikaf.
Adapun, bacaan niat itikaf yang bisa dilafalkan dalam hati adalah

 نَوَيْتُالْاِعْتِكَافَ لِلّٰهِ تَعَالٰى

Latin: Nawaitul i'tikaafa lilaahi ta'ala,

Artinya: Saya niat itikaf karena iman dan mengharap akan Allah, karena Allah ta'ala.

Memperbanyak doa


Amalan malam Nuzulul Quran selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memperbanyak doa yang berhubungan dengan keinginan atau doa-doa yang sudah ada dalam Al-Quran, karena di malam Nuzulul Quran, Allah akan mengabulkan doa-doa permintaan umatnya.

Bulan Ramadhan dikenal sebagai bulan yang penuh dengan limpahan pahala dan rahmat dari Allah. Dalam bulan Ramadhan ini kita dianjurkan untuk mengamalkan berbagai ibadah sebagai cara untuk meraih pengampunan dan memperoleh pahala yang berlimpah. Limpahan pahala dan rahmat yang khusus diberikan dalam bulan Ramadhan ini tentu memotivasi seluruh umat Islam untuk berlomba-lomba meraih keutamaan bulan Ramadhan.

Untuk dapat meraih keutamaan bulan Ramadhan, kita dianjurkan untuk memperbanyak amalan sunnah dan menertibkan amalan wajib. Hal ini juga disebutkan dalam buku berjudul Buku Pintar Doa dan Zikir Rasulullah yang ditulis oleh Abdullah Zaedan (2008:308) yang menyebutkan bahwa untuk meraih keutamaan bulan Ramadhan kita dapat melaksanakan beragam ibadah, salah satunya adalah membaca sederet dzikir dan doa serta amalan yang bisa dikerjakan selama bulan Ramadhan. 

Baca Juga

Memperbanyak shalat malam


Memperbanyak shalat malam seperti sholat tahajud, merupakan salah satu amalan malam Nuzulul Quran. Sebelum melakukan shalat malam, umat muslim dianjurkan untuk tidur terlebih dahulu setelah shalat tarawih di masjid. Kemudian menjelang sahur atau tengah malam bangun kembali untuk menunaikan shalat malam.

“Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, dan bagikanlah makanan serta sambunglah silaturahmi dan tegakkan lah salat malam saat manusia yang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah)

Dalam Al-Wur’an surat Az-Zariyat ayat 15-18 disebutkan keistimewaan salat tahajud di bulan Ramadan. Bahwa orang yang senantiasa melakukan salat tahajud, akan mendapatkan ganjaran oleh Allah SWT ketika kelak sudah berada di akhirat.

Berikut terjemahan Al-Qur’an Surat Az-Zariyat Ayat 15-18:

“Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka telah berbuat baik (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah.” (QS. Az Zariyat: 15-18).

Demikian pembahasan mengenai amalan yang disunnahkan untuk dilakukan saat malam Nuzulul Quran, semoga informasi ini bermanfaat dan semoga amal ibadah kita di terima Allah swt, aamiin!


Comments