Keutamaan dan Kelebihan Nuzulul Qur’an

Syauqisubuh- Bulan Ramadan identik dengan Nuzulul Qur'an. Nuzulul Qur'an jatuh di malam 17 Ramadan setiap tahun. Itu berarti pada Ramadan 1442 H, Nuzulul Qur'an akan jatuh pada Kamis, 29 April 2021. Meski sudah sering disebut, banyak orang belum begitu memahami hakikat Nuzulul Qu’an.

Nuzulul Qur'an adalah peristiwa turunnya Al-qur'an untuk pertama kali seperti yang difirmankan Allah dalam surat Al Isra ayat 9 sebagai berikut.

"Sungguh, Al-qur'an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang paling lurus dan memberikan kabar gembira kepada orang beriman yang mengerjakan kebajikan, bahwa mereka akan mendapat pahala yang besar" (Al-Isra: 9).

Al-qur'an diturunkan ke dunia pada malam kemuliaan di bulan Ramadhan hari ke-17. Peristiwa inilah yang dikenal sebagai Nuzulul Qur'an.

Salah satu malam yang istimewa saat bulan Ramadhan selain Lailatul Qadar. Malam Nuzulul Quran diperingati setiap tanggal 17 Ramadhan, adalah peristiwa yang sangat bersejarah bagi umat Islam karena merupakan turunnya wahyu Allah berupa Alquran untuk pertama kalinya kepada Nabi Muhammad SAW. Di mana surat pertama yang turun adalah surat Al-Alaq ayat 1-5.

Setelah diturunkan untuk pertama kalinya, ayat-ayat Al-qur'an kemudian berangsur-angsur dilengkapi. Totalnya proses turunnya Al-qur'an selama 23 tahun, atau lebih tepatnya 22 tahun 2 bulan 22 hari yang terdiri dari 114 surah, sementara ada yang berpendapat jumlah ayat yang dikandung didlamanya. Pendapat pertama menyebut 6666 ayat yang ada di Al-Qur’an. Ada juga yang menyebut 6348 ayat dengan rincian 6236 ayat ditambah 112 kalimat basmalah di sejumlah awal surah.

Alquran yang diturunkan secara berangsur-angsur ini memberikan keuntungan bagi umat muslim saat itu. Seperti memudahkan untuk menghafal, memiliki waktu untuk mempelajari Al-qur'an, dan ayat yang diturunkan adalah yang relevan dengan zaman.

Dikutip dari buku Misteri Bulan Ramadhan, Yusuf Burhanudin (2007: 105), malam Nuzulul Quran di Indonesia biasanya diisi dengan berbagai kegiatan seperti tablig akbar, pengajian, dan kegiatan Islami lainnya karena malam malam Nuzulul Quran sangat istimewa dan memiliki banyak keutamaan.

Baca Juga

Salah satu keutamaan dari malam Nuzulul Quran adalah kita dapat merenungi peristiwa bersejarah dari turunnya kitab suci Al-Quran, dimana Al-Quran merupakan pedoman hidup bagi umat Islam diseluruh dunia.

Demikian penjelasan singkat apa itu Nuzulul Qur'an. Jangan lewatkan malam Nuzulul Qur'an pada Ramadhan 2021 ini karena keutamaannya sangat besar.

Comments