Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh dengan Konsumsi Buah-buahan Berikut Ini Saat Sahur atau Buka Puasa

Syauqisubuh- Cuaca panas di siang hari bulan ramadhan kerap melanda saat berpuasa sehingga mengakibatkan dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. kalau sudah seperti ini, pikiran pun tidak fokus dan kesehatan pun menjadi terganggu. Untuk itu, penting bagi kita untuk memiliki asupan cairan yang cukup saat berbuka puasa maupun sahur. 

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh tidak serta merta dengan  konsumsi air putih saja. Memang kita di anjurkan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per harinya. Disaat bulan puasa seperti ini, kita dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan konsumsi buah yang banyak akan kandungan air di dalamnya.

Berikut adalah beberapa buah yang kaya akan kandungan air di dalamnya dan sangat cocok dijadikan menu berbuka puasa. 

#Semangka
Buah pertama yang kaya akan cairan dan disarankan dikonsumsi sebagai menu buka puasa adalah semangka. Selain kaya akan cairan, buah ini juga kaya akan zat gula, vitamin, nutrisi seperti magnesium, kalsium, sodium dan potasium. Semngka bisa anda buat sebagai campuran Es Buah, atau anda buat Jus sehingga memberikan kesegaran tersendiri bagi anda yang mengkonsumsinya.

#Buah pepaya
Pepaya merupakan sumber vitamin C yang mudah untuk anda dapatkan, cobalah menjadikan beberapa irisan pepaya sebagai pencuci mulut usia sahur/berbuka. Buah pepaya juga di percaya buah yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan enzim papainnya.

#Air Kelapa
Untuk buah yang kaya kandungan airnya adalah buah kelapa. Nutrisi yang terkandung di buah ini bisa meningkatkan energi tubuh dan mengganti ion yang hilang selama berpuasa.

#Anggur
Dalam 100 gram buah anggur (10 buah = 49 gram) mengandung 69 kalori. Kandungan air pada buah ini tergolong tinggi sehingga baik untuk mencegah dehidrasi. Anggur juga merupakan sumber vitamin A, C, B6, folat, mineral potassium, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, dan selenium. Anggur mengandung berbagai nutrisi yang sehat buat tubuh. Anggur juga kaya akan antioksidan dan kandungan air di dalamnya sehingga sangat baik jika dijadikan menu buka puasa. 

Baca Juga

#Jeruk
Ini merupakan buah yang bisa ditemukan dengan mudah di pasaran. Harga buah ini juga relatif terjangkau. Jeruk yang merupakan buah sitrus memiliki banyak kandungan vitamin C dan anti oksidan, yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi dan flu. Menariknya lagi, buah jeruk kaya nutrisi dan kandungan air yang bisa dijadikan menu buka puasa sehat lagi enak. 

Itulah beberapa buah yang mengandung air cukup banyak dan sangat cocok dijadikan menu buka puasa. Selain buah di atas, buah lain yang juga kaya air dan cocok dijadikan menu buka adalah buah melon, buah nanas, buah mangga, buah pir. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat beribadah puasa bagi yang menjalankan. 

2 Comments

  1. kalau nutrisi yang dikonsumsi itu cukup setidaknya tubuh pun mampu menjadi puasa tanpa rasa lapar dan haus berlebihan dan tetap bersemangat. Artikel yang bermanfaat

    BalasHapus