Temanmu Adalah Yang Membuatmu Menangis, Bukan Membuatmu Tertawa

Syauqisubuh- Pepatah Arab: "Shodiiquka man abekaaka, laa man adhhakaka!"

Temanmu adalah yang membuatmu menangis, bukan yang membuatmu tertawa.

Penjelasan:
- Temanmu adalah teman yang sebenarnya, shodiiqun berasal dari kata shiddiiq artinya jujur. Shodiiqun artinya teman kepercayaan atau sahabat.

- Membuatmu menangis adalah dia menegurmu ketika berbuat salah dan terkadang hatimu sakit dan kamu menangis. Terkadang setelah hikmah diketahui baru kemudian disadari bahwa dialah teman sejati. Dan juga ketika dia merasa susah atau sedih maka kamu juga ikut merasakan kesedihannya dan ikut membantunya. Karena ada di antara teman yang ketika dia susah kita biasa-biasa saja, maka kita bukan termasuk teman sejatinya.

- Yang Membuatmu tertawa adalah teman biasa atau kenalan, ia hanya bersamamu ketika senang. Ia hanya mencarimu ketika membutuhkan hiburan karena ia ingin tertawa bersamamu. Ketika kamu susah maka ia hilang entah kemana. Dan yang paling penting adalah dia itu sering membuatmu tertawa sehingga kamu lalai dan lupa kepada Allah.

Rasulullah bersabda: "Sekiranya kalian mengetahui apa yang aku ketahui maka kalian akan banyak menangis dan sedikit tertawa."

Karenanya, untuk mendapatkan teman sejati anda harus lebih dulu menjadi teman sejati. Alaisa kadzaalik?

Comments