END WITH "ALHAMDULILLAH" : Jika Kamu Bersyukur, Pasti Allah Akan Menambah (Nikmat) Kepadamu

Syauqisubuh- Jika ingin menghitung nikmat dan karunia Allah, niscaya tak seorang pun sanggup menuliskannya meski lautan menjadi tinta. Sebut saja nikmat bernafas yang apabila dihargai, tidak ada seorang pun yang mampu membayarnya.

Belum lagi nikmat sehat dan kesenangan lainnya. Hanya saja, manusia banyak lupa dan lalai untuk bersyukur kepada pencipta-Nya. Alqur'an juga menyatakan bahwa hanya sedikit di antara manusia yang bersyukur.

Allah Ta'ala berfirman dalam Alqur'an:

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". (QS Ibrahim:7)

Dokter (dr) Zaidul Akbar, inspirator pengobatan sehat ala Rasulullah mengatakan, ucapan syukur dapat memberikan kedamaian dan kesehatan bagi tubuh. Kata Dokter Zaidul dalam akun IG @zaidulakbar, Islam telah memberi solusi yang sangat mudah untuk mendeklarasikan rasa syukur yaitu dengan kata الْحَمْدُ للّهِ رَبِّ الْعَالَمِين (alhamdulillahi robbil 'alamin).

"Mengapa? Karena ada begitu banyak nikmat yang Allah berikan kepada kita saat ini yang kalau mau disebutin satu persatu, maka niscaya tidak akan sempat lagi kita memikirkan atau mengeluh," kata ustaz yang juga penulis buku 'Jurus Sehat Rasulullah' (JSR) ini.

Apabila kita membuat dua daftar doa, pertama doa yang belum dikabulkan dengan doa yang sudah dikabulkan, maka akan ketemu lebih banyak yang sudah Allah kabulkan.

Baca Juga

Dan rasa syukur yang benar pasti akan memberikan kedamaian dan ketenangan dan kebahagiaan kepada yang benar-benar mengucapkannya dengan tulus.

Memiliki rasa bersykur juga tidak hanya baik untuk kesehatan mental Anda, tetapi juga baik untuk kesehatan fisik Anda.

"Jantung, mata, paru, darah, hidung, mulut, kaki, saraf, otak, dan sistem organ lainnya saat ini bekerja sendiri tanpa kita perintahkan," terangnya.

Belum lagi, elektron-elektron dalam badan kita semuanya berputar dengan sangat tertib tanpa juga kita perintahkan. "So, الْحَمْدُ للّهِ رَبِّ الْعَالَمِين aja," ajaknya.

Semoga kita bisa memperbanyak syukur atas besarnya karunia dan nikmat yang diberikan Allah Ta'ala.

Comments