Cara Merawat Kumis dan Jenggot Anda

SyauqiSubuh- Siapa di sini yang memelihara jenggot dan kumis? Untuk sebagian pria, jenggot dan kumis itu mencerminkan maskulinitas mereka. Belum lagi, jenggot dan kumis sudah menjadi sebuah tren kekinian bagi pria, dan beberapa aktor pria juga terlihat tampan saat memiliki jenggot dan kumis di wajahnya. Jadi, sangat penting sekali bagi mereka untuk menumbuhkan dan memelihara rambut halus di wajah mereka.

Young happy man applying cream.Namun, tren yang menunjukkan kejantanan pria ini juga diikuti dengan dampak negatif. Ahli dari Birmingam Trichology Centre mengatakan, rambut-rambut di wajah bisa mendorong terjadinya infeksi kulit dan menyebarkan kuman pada orang lain. Tekstrunya yang kasar dan kaku membuat kuman dan kotoran lebih mudah bersarang di antara jenggot dan kumis.

Nggak mau kan, keren-keren tapi memiliki kuman di antara jenggot dan kumisnya? Jadi, para pria yang sedang mengelus-elus jenggot dan kumisnya, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam merawat dan menumbuhkan rambut-rambut di wajah. Ada beberapa tips yang disampaikan oleh Tony DeAngelis dari dari barber shop Blue & Black di Brooklyn. Simak baik-baik ya.

Sesuaikan dengan Bentuk Wajah
Bentuk dan alur jenggot serta kumismu bisa berbeda dengan milik temanmu, begitu pun dengan orang lain. Semua itu dikarenakan tipe wajah kalian yang berbeda. Bentuk jenggot yang tepat dapat “membingkai” wajah sehingga terlihat lebih menarik dan menonjolkan bagian-bagian terbaik dari wajahmu.

Jika ingin tampilan jenggot yang alami, pastikan lengkungan jenggot nggak terlalu tinggi dari rahang. “Ciptakan bentuk jenggot yang mengikuti lengkungan alami wajahmu. Minta tukang cukur untuk menyesuaikannya dengan arah tumbuhnya rambut sehingga jenggot nampak menyatu dan rapi,” ujar Tony.

Butuh Kelembaban
Jenggot dan kumis kalian juga butuh kelembaban. Jenggot, kumis, dan kulit di sekitarnya lebih rentan dengan kekeringan dan rasa gatal. Jadi, salah satunya cara untuk menjaga kelembaban di area tersebut adalah mengaplikasikan minyak. Pakai minyak khusus untuk rambut wajah yang mengandung minyak argan atau jojoba.

Atas Bad Hair Day
Bad hair day nggak hanya terjadi pada wanita dan mahkotanya, tetapi juga pada jenggot dan kumis kalian. Biasanya “bad hair day” adalah jenggot yang kusut dan sangat kering. Solusinya, rapikan dengan gunting kuku. Gunting ujung-ujung rambut yang kusut dan melengkung, lalu rapikan dengan sisir bergigi jarang dan tipis. Selesai deh.

Menjaga Kebersihan Mulut
Jenggot dan kumis berada di sekitar mulut, jadi pastikan kamu menjaga kebersihan area mulut ya. Sebab seperti yang sudah dijelaskan di atas, bakteri dan kuman lebih mudah bersarang di jenggot dan kumis, serta bisa menular pada orang lain. Oleh karena itu, gosok gigilah dengan rajin, berkumur setelah makan, dan jangan lupa untuk merapikan rambut di area tersebut.

Jangan Menggunakan Sampo
Apa rambut di wajah juga perlu dikeramasi? Perlu dibersihkan, tetapi jangan pakai sampo ya guys. Sebab sampo dapat membuat kulit di area jenggot dan kumis kering. Produk tersebut dapat menghilangkan minyak alami pada kulit. Saran Tony, bersihkan jenggot dan kumis dengan sabun pembersih muka yang bisa melembabkan. Pilih sabun muka beraroma mint atau kayu-kayuan agar lebih wangi. [source: kelascinta.com]

Share this

Accountant, Blogger, Copywriter.  Kritik, saran dan masukan anda sangat kami harapkan agar lebih baik lagi. 

Related Posts

Previous
Next Post »