Siapa Saja Yang Wajib Menunaikan Zakat Fitri

Syauqisubuh- Untuk mengetahui siapa saja yang wajib menunaikan zakat fitri kita perlu mengetahui terlebih dahulu syarat-syarat yang menjadikan seseorang wajib menunaikan zakat fitri. Syarat wajibnya menunaikan zakat fitri ada tiga:
  1. Islam, maka ia wajib atas setiap muslim; hamba sahaya atau orang yang merdeka, laki-laki ataupun perempuan, orang dewasa maupun anak kecil.
  2. Dan bagi anak yatim, ditunaikan oleh wali yang memegang hartanya.
  3. Mampu, yaitu ketika dia memiliki pangan yang lebih dari kebutuhan dirinya dan keluarganya, dan kebutuhan primer lainnya, kelebihan itu sebesar satu sha'.
  4. Telah masuk waktunya, yaitu terbenamnya matahari pada malam 'Idul Fitri (berakhirnya bulan Ramadhan).Dengan demikian zakat fitri wajib dikeluarkan atas setiap orang Islam yang mendapatkan waktu sebelum terbenamnya matahari pada hari terakhir dari bulan Ramadhan. Termasuk setiap anak yang lahir sebelum terbenamnya matahari pada hari terakhir Ramadhan atau orang yang baru masuk Islam pada waktu tersebut dan memiliki kelebihan makanan pada malam dan hari raya wajib mengeluarkan atau dikeluarkan zakat fitri atas namanya. Adapun mereka yang meninggal dunia sebelum terbenamnya matahari pada hari terakhir dari bulan Ramadhan atau bayi yang baru lahir setelah terbenamnya matahari yang menandakan masuknya 1 Syawal,maka tidak wajib dikeluarkan zakat fitri atas nama mereka. Akan tetapi baik juga menunaikan zakat fitri atas  janin yang masih dalam kandungan, sebagaimana yang dilakukan oleh sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam Usman bin  Affan radhiyallahu 'anhu.

Dalam hal ini kepala keluarga wajib mengeluarkan zakat fitri dari semua yang berada di bawah tanggungannya. Anak-anak yatim dikeluarkan zakat fitri mereka oleh wali-wali yang memegang urusan dan harta warisan mereka. Adapun budak, maka zakat fitrinya dikeluarkan oleh pemilik budak tersebut.

Waktu mengeluarkan zakat fitri
Zakat fitri dikeluarkan sebelum pelaksanaan shalat ‘Ied. Waktu mengeluarkannya yang paling afdhal adalah sebelum orang-orang berangkat shalat ‘Ied sebagaimana disebutkan dalam hadits  Abdullah bin Umar radhiyallahu 'anhu:
“Dan beliau, yakni Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam,  memerintahkan agar (zakat fitri tersebut) dikeluarkan sebelum orang-orang berangkat ke tempat shalat ‘Ied.” [HR. Bukhari dan Muslim]
Namun diperbolehkan pula untuk mengeluarkan zakat fitri sebelum itu, dan sebaiknya paling cepat dimulai dua hari sebelum hari raya Idul Fitri berdasarkan hadits Ibnu Umar radhiyallahu 'anhu beliau berkata:
“Adalah mereka (para sahabat) mengeluarkan zakat fitri  mereka sehari atau dua hari sebelum ’Ied.” [HR. Bukhari]
Tempat dikeluarkannya zakat fitri
Disunnahkan mengeluarkan zakat fitri di tempat mana si wajib zakat menetap, berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam kepada Mu’adz bin Jabal radhiyallahu ‘anhu ketika beliau mengutusnya berdakwah ke negeri Yaman:
“Maka sampaikanlah kepada mereka bahwa Allah mewajibkan  atas mereka zakat yang diambil dari orang-orang kaya mereka  lalu diberikan kepada orang-orang miskin mereka.” [HR. Bukhari dan Muslim]
Namun boleh juga zakat tersebut dikeluarkan di tempat lain khususnya jika di tempat lain tersebut banyak kaum muslimin yang lebih membutuhkan, sementara kaum muslimin yang miskin di tempat tinggal si wajib zakat sedikit, sebagaimana yang terjadi di sebagian negara makmur saat ini yang jumlah kaum muslimin di sana sedikit dan rata-rata hidup dalam kemakmuran dari sisi ekonomi.

Bentuk zakat fitri
Zakat fitri dikeluarkan dalam bentuk bahan makanan pokok yang dikonsumsi di daerah mana zakat fitri itu dikeluarkan,dari  jenis yang biasa dikonsumsi oleh si wajib zakat. Hal ini berdasarkan hadits Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma:
“Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mewajibkan zakat fitri dari bulan Ramadhan satu sha’ dari kurma atau satu sha’ dari tepung sya’ir atas setiap orang merdeka dan budak, laki-laki dan perempuan, kecil dan besar, dari kaum muslimin.” [HR. Bukhari dan Muslim]
Seorang yang biasa mengonsumsi beras dari jenis yang mahal misalnya, harus mengeluarkan beras dari jenis tersebut sebagai zakat fitrinya. Sebaliknya seorang yang biasa mengonsumsi beras dari jenis yang murah juga mengeluarkan beras dari jenis tersebut sebagai zakat fitrinya.

Apakah boleh mengeluarkan zakat fitri dalam bentuk uang? Para ulama berbeda pendapat dalam masalah ini. Sebagian ulama membolehkan, namun mayoritas ulama tidak membolehkan. Pendapat yang kuat adalah pendapat mayoritas ulama yang mengkhususkan zakat fitri dalam bentuk bahan makanan dan tidak membolehkan dikeluarkannya zakat fitri dalam bentuk uang. Hal ini berdasarkan beberapa alasan:

  1. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengeluarkan zakat fitri dan memerintahkan kaum muslimin untuk mengeluarkannya dalam bentuk bahan makanan.
  2. Di zaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam hidup,uang (dinar dan dirham) sudah dipergunakan untuk transaksi dan masyarakat pada saat itu juga sangat membutuhkan uang, namun beliau tidak pernah memerintahkan atau memberi pilihan untuk mengeluarkan zakat fitri dalam bentuk uang.
  3. Syariat Islam sangat lengkap dan sempurna karena Islam tidak hanya mewajibkan zakat fitri namun juga mewajibkan zakat harta yang dikeluarkan dalam berbagai bentuk; emas, perak, uang, hewan ternak, dan hasil bumi. Dengan demikian kebutuhan masyarakat miskin terhadap uang sudah tertutupi dengan zakat harta yang dikeluarkan oleh kaum muslimin yang mampu.
Kadar zakat fitri
Zakat fitri adalah zakat yang dikeluarkan dalam bentuk bahan makanan seperti beras, gandum, kurma dan bahan-bahan makanan pokok lainnya yang dikonsumsi secara umum oleh penduduk di suatu wilayah. Kadar bahan makanan yang dikeluarkan adalah 1 sha’ per kepala berdasarkan hadits Ibnu Umar radhiyallahu 'anhu di atas. Akan tetapi para ulama kontemporer berbeda pendapat tentang takaran atau timbangan yang setara dengan 1 sha’. Hal itu disebabkan karena tidak adanya alat takar sha’ yang dipergunakan pada zaman Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dahulu yang masih ada hingga saat ini, sehingga sebagian ulama menetapkannya berdasarkan perkiraan yang didasarkan pada keterangan bahwa 1 sha’ setara dengan 4 mud berukuran sedang dari seorang laki-laki dewasa (ukuran satu mud adalah isi dari kedua telapak tangan yang dirapatkan dan terbuka ke atas) dan sebagian lagi mengonversi dari takaran dan timbangan masa lalu ke takaran dan timbangan modern dengan perhitungan tertentu.Karena itu lebih mudah bagi masyarakat untuk mengikuti ketetapan pemerintah atau majelis ulama di negerinya masing-masing. Di Saudi Arabia misalnya, majelis ulama besar Kerajaan memfatwakan 1 sha’ sama dengan 3 kg. Adapun di Indonesia MUI Pusat pada tahun 2003 memfatwakan 1 sha’ sama dengan 2,5 kg sedangkan MUI Jawa Timur pada tahun 2010 menganjurkan untuk menggenapkan menjadi 3 kg.

Yang berhak menerima zakat fitri
Kebanyakan ulama berpendapat bahwa penerima zakat fitri sama dengan penerima zakat harta yaitu 8 golongan yang disebutkan dalam surah At-Taubah ayat 60 yang artinya.
“Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para  mu'allaf yang dibujuk hatinya, orang-orang yang berhutang untuk (memerdekakan) budak, untuk jalan Allah, dan untuk  mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu  ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui  lagi Maha Bijaksana.” 
Namun di antara ulama ada yang berpendapat bahwa zakat fitri dikhususkan untuk golongan fakir miskin saja. Hal ini didasarkan kepada hadits Abdullah bin Abbas, beliau berkata:
“Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mewajibkan zakat fitri  sebagai pembersih bagi orang yang berpuasa dari perbuatan  sia-sia dan mendekati syahwat serta menjadi makanan bagi orang-orang miskin.” [HR. Abu Dawud, hasan]
Pendapat kedua inilah yang lebih kuat insyaallah berdasarkan hadits Ibnu Abbas di atas dan karena Idul Fitri adalah hari bergembira dengan makan dan minum setelah berpuasa sebulan penuh sehingga dilarang berpuasa pada hari tersebut, maka sudah sepantasnya zakat pada hari itu dikhususkan untuk fakir miskin agar mereka bisa bergembira bersama dengan kaum muslimin lainnya.Demikianlah tuntunan ringkas pelaksanaan zakat fitri, semoga dapat membantu dan mengarahkan kita untuk dapat menunaikan zakat fitri ini dengan sebaik-baiknya.

Comments