Puasa Sehat: Manfaat Air Kelapa Untuk Minuman Berbuka


Syauqisubuh- Cairan yang berada di dalam kelapa hijau muda ini biasanya menjadi minuman andalan banyak orang untuk berbuka puasa. Nggak hanya karena rasanya yang manis dan menyegarkan, ternyata berbuka puasa dengan air kelapa juga memiliki banyak manfaat.

Menurut Wikipedia Dalam 100 ml air kelapa, tersedia 19 kalori, Air kelapa terdiri dari 95% air dan 4% karbohidrat , dengan protein dan jumlah lemak konten di bawah 1% masing-masing (tabel). Air kelapa mengandung vitamin serta mineral makanan dalam jumlah yang signifikan (rata-rata di bawah angka 10% dari Nilai kebutuhan gizi harian).

Seperti di sebutkan di awal banyak sekali manfaat dari air kelapa ini untuk tubuh kita guys, mulai dari mencegah kita dehidrasi hingga mengatasi asam lambung, manfaat air kelapa sangatlah banyak dan baik bagi kesehatan kita. Untuk lebih jelasnya mengenai apa saja manfaat baik air kelapa buat tubuh kita, baca penjelasannya di bawah ini.

Mengatasi Dehidrasi dan Pengganti Cairan Tubuh Yang Hilang
Setelah menahan makan dan minum selama lebih dari 10 jam tentu saja tubuh akan kekurangan cairan dan dehidrasi. Jadi sangat disarankan untuk meminum air kelapa saat berbuka karena ampuh mencegah tubuh kita kekurangan cairan.

Air kelapa muda dipercaya sebagai minuman elektrolit yang baik sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang selama puasa. Mengapa demikian? Karena air kelapa kaya akan kandungan natrium, kalsium, kalium dan magnesium. Dan itulah alasannya mengapa air kelapa sangat baik diminum saat berbuka puasa

Saat berbuka puasa kita sangat disarankan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung elektrolit seperti air kelapa dan juga kurma. Dengan meminum air kelapa saat berbuka, dijamin tenaga kita akan segera kembali pulih seperti semula.

Menekan Nafsu Makan

Nggak cuma enak, ternyata air kelapa juga memiliki manfaat yang sangat didambakan setiap orang. Yup, sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Sebab, air kelapa memiliki sifat yang mengenyangkan sehingga mampu untuk menekan nafsu makan kita. Kalian juga nggak perlu khawatir dengan kadar gula dalam air kelapa, karena sangat rendah dan nggak akan membuat kalian tambah gendut kok.

Menormalkan Kembali Kada Gula dalam Tubuh

Kurangnya kadar gula dalam darah bisa membuat tubuh kita lemas. Jadi dengan berbuka menggunakan air kelapa maka bisa membuat kadar gula kita kembali normal.

Dengan kadar gula yang baik maka daya tahan tubuh kita pun semakin membaik dan bisa membuat kita lebih tahan terhadap ancaman bakteri ataupun virus yang masuk ke tubuh.

Mengatasi Asam Lambung

Kandungan asam laurat dalam air kelapa bisa menyembuhkan peradangan dan juga menjaga asam dalam lambung kita. Saat berpuasa biasanya asam lambung akan meningkat sehingga bisa menyebabkan munculnya rasa perih dan tak nyaman pada bagian perut.

Nah, dengan mengonsumsi air kelapa maka asam lambung itu pun akan kembali normal sehingga tidak akan mengakibatkan rasa perih lagi di perut.

Namun satu hal yang perlu kita ingat semua, dimana jika berbuka puasa dengan air kelapa maka kita dianjurkan untuk tidak menambahkan es atau air kelapa tersebut dalam keadaan dingin. Karena jika dilakukan maka hal tersebut mampu memicu rasa haus yang akan membuat tenggorokan menjadi sakit. Jika anda memang ingin meminum air kelapa muda dalam keadaan dingin maka sebaiknya anda minum pada waktu yang tepat, tidak langsung saat berbuka puasa.

Comments