Kapan Berakhirnya Hari-hari dalam Kehidupan Manusia (Hari Akhir)?

Syauqisubuh- Menurut bahasa hari akhir artinya berakhirnya hari-hari dalam kehidupan manusia. Adapun pengertian hari akhir atau hari kiamat dalam Al-Qur'an adalah peristiwa hancurnya alam semseta disebut juga Yamumus Sa'ah. Hari akhir atau hari kiamat, adalah hari dimana seluruh manusia dibangkitkan untuk dihisab, disebut hari akhir karena tidak ada hari-hari setelahnya lagi di dunia.

Agama islam mengajarkan kepada ummat bahwa pada saat yang ditentukan Allah SWT, alam ini akan hancur dan semua makhluk yang ada di alam semesta ini akan mati. Kapankah alam semesta ini akan hancur dan semua makhluk akan mati? Ini adalah rahasia Allah dan tidak ada satu makhluk pun yang diberi tahu oleh Allah termasuk Rasulullah SAW, sejak rasulullah masih hidup, manusia banyak yang bertanya kapan terjadinya kehancuran alam semesta ini. 

Seperti yang termuat dalam Q.S Al-A'raf ayat 187 yang Allah berfirman: "Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanmu; tidak ada seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: " Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

Ketidaktahuan Nabi Muhammad SAW atas kapan terjadinya kiamat, beliau bersabda "Tidak ada bedanya yang ditanya, maupun yang menyanya (artinya sama-sama tidak mengerti)." (H.R. Muslim).

Baca Juga

Tidak ada seorang pun yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat. Nabi Muhammad SAW selaku nabi pun tidak mengetahui kapan hari akhir atau hari kiamat itu akan terjadi. Jadi sobat apabila ada ramalan atau orang yang menyatakan kapan kiamat maka itu hanyalah dusta belaka.

Namun kita sebagai umat muslim wajib mengimani bahwa hari itu akan terjadi, hari yang juga disebut sebagai hari pembalasan, hari perhitungan, dan kehidupan hari akhir, di mana Allah akan membangkitkan mahkluk-Nya, dan manusia akan dikumpulkan untuk dihisab satu persatu untuk dihitung amal dan ibadah yang telah ia lakukan di dunia.



Share this

Accountant, Blogger, Copywriter.  Kritik, saran dan masukan anda sangat kami harapkan agar lebih baik lagi. 

Related Posts

Previous
Next Post »