Manfaat-Manfaat dari Blogwalking

Syauqisubuh- Blogwalking adalah aktivitas yang digunakan oleh para blogger untuk menambah teman. Namun tidak hanya itu saja, blogwalking juga memiliki manfaat lain, di antaranya:


1. Memperluas networking

Manfaat pertama dari blogwalking adalah memperluas networking. Relasi merupakan hal yang penting, terlebih jika kamu berada pada sebuah komunitas seperti komunitas blogger.

Setiap kamu memberikan komentar positif pada artikel mereka kemudian dibalas, hal tersebut dapat menjadi peluang untuk berdiskusi lebih lanjut. Tidak hanya itu, ke depannya bisa jadi kamu akan terus berkomunikasi dengan blogger tersebut.

2. Mendapatkan referensi baru

Manfaat selanjutnya adalah mendapatkan ide referensi baru. Ketika kamu mengunjungi blog yang sudah populer atau sukses, kamu akan mendapat banyak ide. Ide tersebut nantinya dapat menjadi referensi ketika kamu membuat konten blog selanjutnya.

Tapi, yang perlu kamu ingat jangan lakukan plagiasi dari konten yang telah kamu baca. Kamu boleh jadikan konten tersebut sebagai referensi saja dan buat dari sudut pandang serta bahasamu sendiri.

Karena bagaimanapun juga, keaslian konten adalah hal yang penting agar menunjukkan bahwa kamu merupakan blogger yang profesional.

3. Meningkatkan traffic

Karena blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog atau situs orang lain, hal ini tentu membuat traffic website jadi bertambah. Namun, meski begitu biasanya ada saja blogger yang tidak mengunjungi balik blog kamu.

Maka dari itu, kamu harus pintar-pintar memilih mana blog yang akan kamu kunjungi dan meninggalkan komentar di sana. Agar nantinya setelah kamu melakukan blogwalking, mereka juga akan mengunjungi balik.

Baca Juga

4. Mendapat bahan evaluasi

Selain mendapatkan tambahan traffic, mengunjungi blog milik blogger lain akan membantu kamu untuk membandingkan antara blog kamu dan blog dia. Dari situ kamu bisa melihat hal apa saja yang menarik dari blog tersebut, kemudian evaluasi apa saja yang bisa ditingkatkan dari blogmu.

Semakin sering kamu mengunjungi blog orang lain, maka semakin banyak evaluasi yang bisa didapatkan. Evaluasi di sini bisa berupa topik, cara penulisan, penyajian gambar, dan masih banyak lagi.

5. Mempromosikan blog

Selain memperluas relasi, manfaat blogwalking adalah menjadi ajang untuk mempromosikan blog. Namun, perlu kamu ingat jika kamu tidak bisa sembarangan menaruh link blog di kolom komentar mereka, khawatirnya justru dianggap spam.

Maka dari itu lakukan dengan pelan, kamu bisa awali dengan memberikan komentar-komentar positif secara konsisten, setelah itu jika ada kesempatan berikan link blog kamu.

6. Mendapat bantuan dari blogger lain

Manfaat terakhir dari blogwalking adalah mendapatkan bantuan sesama blogger ketika kamu mengalami kendala. Misalnya, ketika kamu hendak mengupdate WordPress, tetapi justru error.

Nah, apabila kamu rajin melakukan blogwalking dan memiliki relasi yang luas. Kamu bisa menanyakan solusinya pada mereka, siapa tahu diantara mereka ada yang pernah mengalami juga.

Comments