Google Doodle Hari Ini "Hari Lahir Suyadi ke-84" Pak Raden

SyauqiSubuh- 28 November 2016 di halaman mesin pencari Google Indonesia menampilkan Doodle Suyadi yakni tokoh yang tidak asing lagi bagi masyarakat di Indonesia. Ya,,, Suyadi atau lebih dikenal masyarakat sebagai Pak Raden dalam acara Unyil yang juga merupakan salah satu tokoh seniman yang berpengaruh di Indonesia.

Dikutip dari Wikipedia,  Drs. Suyadi lahir di Puger, Jember, Jawa Timur pada 28 November 1932 adalah pencipta "Si Unyil" sebuah film seri televisi Indonesia. Suyadi merupakan lulusan seni Institut Teknologi Bandung (1952-1960) lalu meneruskan belajar animasi di Perancis (1961-1963). Suyadi menciptakan "Si Unyil" agar terdapat acara yang mendidik untuk anak-anak Indonesia pada tahun 1980-an. 

Di tahun 2000-an Unyil di format ulang, sehingga tetap dapat digemari anak-anak hingga sekarang. Hasil dari format ulang acara "Si Unyil" adalah "Laptop Si Unyil"

Sebagai bentuk apresiasi oleh Google Indonesia tepat hari ini 28 November 2016 Google menerbitkan Doodle"Hari Lahir Suyadi ke-84"

Suyadi meninggal dunia di usia yang ke- 82 pada 30 Oktober 2015 di Rs. Pelni Petamburan, Tokoh senimen Indonesia ini selain menciptakan tokoh Si Unyil, Suyadi juga pernah di daulat oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia untuk menjadi ilustrator buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk tingkat Sekolah Dasar..

Meskipun Pak Raden telah tiada, namun karyanya tetap hidup, terbukti hingga sekarang karakter Si Unyil masih dapat dinikmati anak-anak Indonesia melalui salah satu tayangan televisi swasta di Indonesia dalam acara 'Laptop Si Unyil". 

Share this

Accountant, Blogger, Copywriter.  Kritik, saran dan masukan anda sangat kami harapkan agar lebih baik lagi. 

Related Posts

Previous
Next Post »