Hidup Jangan Dibawa Susah Man

SyauqiSubuh- Orang bilang kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Mungkin kamu menganggap ungkapan itu sudah kuno, ya. Tapi begitulah adanya. Orang yang sukses pasti dulunya pernah jatuh bangun menghadapi kegagalan. Dia pasti sudah melewati banyak sekali kegagalan sebelum akhirnya mencapai satu titik sukses yang ia impikan.

Tiap orang pernah gagal. Tiap orang punya masa-masa sulitnya sendiri. Kamu juga pasti pernah punya pengalaman menghadapi sesuatu yang sebelumnya sama sekali tak kamu inginkan. Tapi selalu ada cara untuk kembali tersenyum. Selalu ada jalan untuk bisa menghadapi kegagalan dengan cara yang cantik dan anggun.

Kamu Bakal Punya Sudut Pandang Baru
Kalau kamu nggak jatuh, gimana kamu bisa belajar dan memahami makna usaha keras yang kamu lakukan? Saat kamu sudah bisa merasa sakit akibat gagal, kamu jadi akan lebih berani lagi untuk terus berjalan dan berjuang lagi. Karena toh kamu juga masih bisa baik-baik saja saat mengalami kejadian buruk atau kegagalan. Jadi, bukannya rasa takutmu bertambah setelah gagal, kamu bakal lebih berani untuk kembali bangkit memperjuangkan impianmu.
Kamu Bisa Kembali Mendapatkan Rasa Percaya Diri 
Oke, gagal bikin sedih. Gagal bisa bikin putus asa dan hilang harapan. Tapi bertahanlah sedikit lagi. Saat masa rasa sakit hati itu berlalu, kamu akan kembali terlahir jadi seseorang yang baru dengan rasa percaya diri yang lebih tinggi lagi.

Kamu Bakal Belajar Banyak Hal
Saat kamu gagal, kamu akan menjalani sejumlah fase pengalaman yang berat. Mulai dari tekanan menghadapi rasa kecewa, cemas, dan takut. Dari situ, kamu mau tak mau memaksa dirimu untuk menghadapi semua hal negatif tersebut. Kamu pun akan belajar banyak hal, tentang kemampuan dirimu yang sesungguhnya dan ketahanan mentalmu di masa-masa sulit.

Tersenyumlah Karena Kamu Baik-Baik Saja 
Masih banyak orang lain di luar sana yang lebih keras hidupnya. Banyak orang yang hidupnya lebih susah daripada kamu. Tetaplah tersenyum, kamu pasti masih akan tetap baik-baik saja. Saat ini memang berat, tapi bertahanlah, tetaplah berjalan di jalan yang kamu pilih. Kamulah satu-satunya orang yang memegang kendali hidupmu. Jangan biarkan ejekan atau pandangan rendah orang lain ketika kamu gagal jadi penghalangmu.

“Success is determined not by whether or not you face obstacles, but by your reaction to them. And if you look at these obstacles as a containing fence, they become your excuse for failure. If you look at them as a hurdle, each one strengthens you for the next.”
― Ben Carson, Gifted Hands: The Ben Carson Story

Pada akhirnya, semua akan kembali padamu. Kamu mau tetap optimis atau pesimis itu juga semua ada pada genggaman tanganmu. Yang penting, hidup jangan dibikin susah. Hidup cuma sekali, jadi berbahagialah meski kamu harus menghadapi saat-saat berat sekalipun

Share this

Accountant, Blogger, Copywriter.  Kritik, saran dan masukan anda sangat kami harapkan agar lebih baik lagi. 

Related Posts

Previous
Next Post »