Zat Penyebab Kanker

Syauqisubuh- Di zaman sekarang banyak sekali orang-orang terkena kanker berikut ada empat hal yang dapat memicu munculnya kanker:

Yang pertama adalah faktor genetik seseorang. Apabila seseorang dalam riwayat kesehatan keluarganya memiliki ada yang pernah terkena kanker, maka orang tersebut memiliki resiko lebih tinggi. 

Yang kedua adalah faktor kimia/fisika di sekitar kita. Paparan dari zat kimia dan fisika seperti rokok, asap kendaraan, maupun asap buangan pabrik dapat menjadi salah satu faktor pemicu kanker.

Yang ketiga adalah zat karsinogen. Zat karsinogen adalah zat yang menyebabkan kanker dengan mengubah DNA manusia menjadi bermutasi dan mengganggu proses-proses biologis. Zat karsinogen terdapat dalam pengawet, pengenyal, serta penyedap yang umumnya digunakan dalam produk makanan. 

Faktor keempat adalah cara pengolahan dan penyajian makanan. Makanan yang diolah dengan cara dibakar ataupun diolah dengan panci tekan juga memiliki potensi mengandung zat yang menyebabkan kanker. Pada makanan yang dibakar, kandungan protein dalam makanan akan berubah menjadi asam amino yang berbahaya bagi kesehatan akibat dimasak dalam suhu yang terlalu tinggi. Hampir sama pada pengolahan makanan menggunakan panci tekan. Suhu yang amat tinggi akan membuat susunan molekul pada makanan berubah dan bermutasi. Molekul yang berubah inilah akhirnya membuat makanan yang diolah dengan panci tekan berpotensi menimbulkan kanker.

Ada banyak cara meminimalisir dampak paparan zat-zat pemicu kanker:
  • Cara pertama adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Buah dan sayuran memilki antioksidan yang tinggi sehingga menghambat pembentukan sel-sel asing yang berpotensi menjadi kanker di tubuh kita. Buah dan sayur yang baik sebagai antioksidan antara lain adalah tomat, wortel, semangka, jeruk, bayam, tauge, kacang panjang dan brokoli.
  • Cara kedua adalah dengan rajin menggerakkan tubuh. Olah raga akan meningkatkan pasokan oksigen ke dalam tubuh sehingga membantu penyebaran nutrisi dan menstabilkan tingkat hormon. Dengan olah raga daya tahan tubuh akan meningkat dan sekaligus menjaga berat badan tetap stabil.
Demikian sedikit ulasan mengenai zat penyebab kanker, semoga informasinya bermanfaat untuk kita semua ya,,, :D

Share this

Accountant, Blogger, Copywriter.  Kritik, saran dan masukan anda sangat kami harapkan agar lebih baik lagi. 

Related Posts

Previous
Next Post »