Segera Lakukan 5 Hal Ini! Kalau Nggak Mau Pikun Dini

KIKI BLOG- Sering mendadak lupa di mana Anda meletakkan kunci rumah atau kunci mobil? Atau mungkin Anda jadi makin sering lupa dengan hal-hal yang baru saja diucapkan oleh orang yang ada di dekat Anda? Normal jika sesekali kita jadi mudah lupa akan hal-hal sepele. Tapi kalau dibiarkan terus menerus juga bisa berdampak buruk, seperti jadi pikun lebih dini.

Para peneliti saat ini masih berupaya untuk mengungkap berbagai misteri otak. Tentang bagaimana otak memproses informasi, cara bekerjanya memori otak, dan bagaimana penyakit yang berkenaan dengan otak seperti Alzheimer bisa muncul. Sementara itu, akan lebih baik jika kita sendiri mulai berupaya untuk menjaga kesehatan otak dan mencegah terjadinya pikun dini. Bagaimana caranya? Simak lima caranya yang dilansir dari livescience.com.
  • Mengonsumsi Makanan yang Baik untuk Otak

    Makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans seperti yang sering ditemukan di ragam makanan olahan bisa memberi dampak negatif pada sinapsis otak. Sinapsis ini berfungsi untuk menghubungkan neuron-neuron otak yang penting untuk kegiatan belajar dan daya ingat otak. JIka Anda ingin menjaga fungsi sinapsis agar tetap optimal, konsumsilah makanan yang baik untuk otak seperti ikan salmon, kacang kenari, dan buah kiwi.
  • Rutin Olahraga

    Luangkan waktu setengah jam saja untuk berolahraga setiap hari. Olahraga bisa meningkatkan memori dan membuat kita berpikir lebih jernih dan mengurangi risiko terkena penyakit yang berkenaan dengan kemampuan kognitif. Olahraga bisa memicu keluarnya senyawa kimia yang disebut faktor pertumbuhan yang dapat membuat neuron otak jadi lebih kuat dan lebih sehat.
  • Bermain Game

    Otak juga butuh olahraga. Anda bisa coba memainkan permainan yang merangsang kinerja otak seperti puzzle dan memory game. Memainkan permainan yang merangsang fungsi otak dapat mengurangi risiko kita terkena demensia. Melakukan olahraga yang merangsang kinerja otak bisa membangun dan menjaga cadangan stimulasi otak.
  • Trik Memori

    Usahakan tidak menyalahkan usia atas kepikunan atau menurunnya kemampuan Anda untuk mengingat sesuatu. Buat trik tersendiri untuk diri Anda dengan selalu memastikan bahwa segala sesuatu yang Anda ingat akan tersimpan dengan baik di kotak memori Anda. Dan ketika suatu saat Anda membutuhkannya, yakinkan diri Anda bahwa Anda pasti bisa mendapatkan kembali memori tersebut.
  • Istirahat Cukup

    Tidur bisa memberi kesempatan otak untuk memutar ulang memori yang Anda dapatkan pada hari itu dan menjaga memori tersebut untuk jangka panjang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa otak bisa mengulas dan merekam memori lebih cepat ketika kita sedang tidur daripada saat terjaga. Tidur siang 90 menit pun bahkan bisa meningkatkan kemampuan daya ingat selama 90 menit.
Makan sehat, istirahat cukup, dan menjaga keseimbangan hidup akan sangat membantu Anda untuk menjaga kesehatan otak Anda. Jadi kalau nggak mau pikun dini, segera ubah pola hidup Anda jadi lebih sehat.

Share this

Accountant, Blogger, Copywriter.  Kritik, saran dan masukan anda sangat kami harapkan agar lebih baik lagi. 

Related Posts

Previous
Next Post »