8 Tips Menjaga Bayi Agar Terhindar Cacingan

KIKI BLOG- Dalam usia balita dan juga bayi maka akan banyak sekali penyakit yang bisa muncul. Salah satu yang paling sering adalah cacingan. Hal ini terjadi sebab balita memiliki kecenderugan bermain dimana saja dan menggunakan media apa saja yang tidak bisa di kontrol. Melalui media itulah mereka kemudian bisa saja terkena cacingan oleh karena adanya telur cacing yang masuk melalui kulit dan juga kuku. Selain itu hal yang paling berbahaya pula jika anak bermain dengan tanah dimana tanah tersebut juga terkontaminasi oleh cacing.
Jika hal tersebut terjadi maka akan sangat berbahaya jika anak anda terkena cacingan. Anak yang terkena cacingan adalah anak yang nantinya pertumbuhan dan perkembangannya tidak optimal. Berikut 8 cara merawat bayi agar terhindar dari cacingan:
1. Menjaga Kebersihan pada Peralatan bayi.
Anda harusnya menjaga kebersihan perlengkapan bayi, dengan memastikan perlengkapan makanya semuanya telah dicuci sebelum digunakan. Janganlah mencuci perlengkapan bayi sekeda saja namun tetap gunakan sabun yang bersih. Begitu pula dengan pemberian ASI ataupun MPASI anda dapat memastikan dari peralatan dan bahan yang telah dicuci bersih.

2. Menjaga mainan bayi.
Mainan bayi juga haruslah selalu steril. Hal ini dikhawatirkan jika bayi menggigit mainannya dan tertular melalui mainan yang ia gigit tersebut. AKan sangat berpotensi minan sang anak bisa terdapat telur cacing mengingat mainan lebih sering diletakkan di tanah dan lantai. 
3. Rajin memotong kuku bayi.
Periksalah selalu kuku bayi anda. Jangan biarkan kukunya panjang dan memungkinkan kotoran bisa tinggal didalamnya. Janganlah takut untuk membersihkan kuku bayi yang mungil demi kesehatan sang buah hati. 
4. Letakkan tempat tidur jauh dari kotoran.
Jika anda ingin menidurkan bayi anda, maka ushakan agar tempat tidurnya terletak jauh dari sumber kotoran. Saat tidulah juga cacing bisa leluasa berkembang. 

5. Rutin mengganti popom.
Janganlah membiasakan popok anak anda tinggal lama. Gantilah setiap kali anda merasa ia sudah buang air pada popoknya.
6. Berikan makanan yang bernutrisi.
Makanan yang bernutrisi sangatlah penting bagi anakn anda, agar jika ingin terserang penyakit maka antibodinya juga sudah kuat untuk mengusirnya. Makanan yang sangat baik bagi bayi adalah ASI anda.
7. Cucilah tangan anda dengan rutin.
Setiap ingin menyentuh bayi anda maka ingatlah untuk tetap mencuci tangana anda. Janganlah menyentuhnya jika tangan sedang kotor.
8. Rajinlah berkonsultasi dengan dokter.
Hal inilah juga yang terpenting untuk bayi agar mengunjungi dokter untuk check up dan berkonsultasi.cacingan pada bayi. 
Itulah 8 Cara yang baik menjaga anak agar dapat terhindar dari cacingan. semoga bermanfaat.

Share this

Accountant, Blogger, Copywriter.  Kritik, saran dan masukan anda sangat kami harapkan agar lebih baik lagi. 

Related Posts

Previous
Next Post »