Tips Praktis Mematangkan Pisang Yang Masih Muda

KIKI BLOG- Jika Anda kebetulan diberi tetangga atau dibawakan orangtua dari kampung 'hasil bumi' berupa pisang yang masih masih hijau, biasanya Anda butuh beberapa waktu untuk bisa menyantapnya. Pisang yang belum matang bisa dibuat sayur, namun jarang ada yang suka. Jika Anda sudah sangat ingin makan pisang, namun pisang tidak kunjung matang, Anda bisa mencoba tips mematangkan pisang berikut ini dari www.wikihow.com.
Ada beberapa metode yang bisa Anda coba, antara lain yaitu

Cara pertama
Taruh atau masukkan buah pisang yang belum matang ke dalam tas karton, kertas atau ke dalam kardus. Ketika pisang dimasukkan dalam tas, jangan lupa masukkan tomat, apel atau buah pir ke dalam tas atau kardus tersebut dan tutup rapat. 

Taruh tas atau kardus di tempat kering dan hangat. Dengan begini, gas ethylene dari buah yang matang akan menyebar dan 'menular' ke buah pisang yang belum matang dan mempercepat pematangan pisang. Cek kardus atau tas setiap hari apakah pisang sudah matang. Karena kalau Anda terlalu lama menyimpannya, takutnya malah busuk.

Cara kedua
Maukkan ke dalam oven. Suhu yang tinggi akan membuat pisang lebih cepat matang. Atur suhu oven atau microwave dengan suhu paling rendah atau sekitar 77 derajat Celcius dan masukkan pisang ke dalam oven. Masukkan pisang satu per satu dan tata di atas loyang untuk pematangan yang merata.

Setelah Anda memasukkan pisang ke dalam oven, jangan ditinggal Ladies. Lihat hingga kulitnya menguning dan siap untuk dikeluarkan. Keluarkan pisang saat sudah mulai kuning dan terlihat bintik-bintik hitam pada kulit pisang. Itu tandanya sudah matang.
Jika Anda tidak sedang terburu-buru untuk makan pisang, Anda cukup mengangin-anginkan pisang dan pisang akan matang dengan sendirinya. Namun jika Anda sudah membutuhkan pisang matang saat itu juga, maka lakukan tips di atas.

Share this

Accountant, Blogger, Copywriter.  Kritik, saran dan masukan anda sangat kami harapkan agar lebih baik lagi. 

Related Posts

Previous
Next Post »