Tips dan cara belajar di perguruan tinggi

KIKI BLOG- Belajar di perguruan tinggi sangat berbeda sekali rasa dan metodenya, sebagai mahasiswa baru biasanya mereka akan kaget dengan sistem belajar di perguruan tinggi. Mahasiswa yang sewaktu sma orangnya cerdas bisa berubah menjadi bingung ketika awal-awal masuk pertama kuliah. Sebagai seorang mahasiswa yang telah mencapai stadium akhir maka saya ingin berbagi beberapa tips dan cara belajar di perguruan tinggi.
1. Perbanyak membaca
Kalau semasa SMA dahulu, malas membaca tidak jadi persoalan sebab kita akan disuapi secara rutin oleh guru kita tentang apa-apa saja yang akan dipelajari. Tetapi di dunia kampus kamu harus belajar sendiri dan perbanyak membaca. Seorang dosen di kampus hanya akan memberikan pokok mata kuliahnya yang diajarkannya. Jangan pernah berharap dosen akan menjelaskan secara detail mengenai suatu pokok materi, dosen hanya akan memberikan materi inti dan selebihnya mahasiswa yang akan mencari penjelasan rincinya. Salah satu jalan adalah dengan memperbanyak membaca buku di perpustakaan.

2. Latihan mengungkapkan pendapat
Di dunia perkuliahan selalu identik dengan diskusi, bahkan seorang mahasiswa terkadang hanya menggunakan 1 buah buku untuk 1 semester, sebab sangat9 jarang sekali mereka menulis. Di masa SMA dahulu aktivitas diskusi sangat jarang sekali dilakukan, sehingga memasuki masa kuliah mereka akan grogi saat berdiskusi. Kunci agar bisa aktif dalam diskusi adalah dengan latihan dengan rutin mengungkapkan pendapat di muka umum.

3. Kerjakan hari ini apa yang bisa kamu kerjakan
Menjadi seorang mahasiswa semester awal biasanya akan serbu dengan tugas yang begitu banyak dari dosen. Dosen biasanya tidak tanggung-tanggung dalam memberikan tugas. Oleh karena itu, tinggalkan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan kamu, sebab jika kamu menundanya maka tugas kamu akan semakin menumpuk setiap harinya.

4. Aktif bersosialisasi
Mahasiswa biasanya identik dengan kegiatan sosialisasi, sehingga seorang mahasiswa secara langsung diajarkan untuk bergaul dengan lingkungan masyarakat, ini merupakan proses pembelajaran dari kampus. Sebisa mungkin kamu aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial di kampus kamu

Share this

Accountant, Blogger, Copywriter.  Kritik, saran dan masukan anda sangat kami harapkan agar lebih baik lagi. 

Related Posts

Previous
Next Post »