Tips mengatasi stres saat mengerjakan skripsi

KIKI BLOG- Stress saat mengerjakan skripsi banyak dialami oleh mahasiswa tingkat akhir, namun tidak bagi mereka yang cepat menyelesaikan skripsi. Beberapa penyebab stres mengerjakan skripsi adakah karena dosen yang galak, susah mencari referensi, dosen yang sulit ditemui, biaya print skripsi yang lumayan banyak. Nah kali ini kita akan bagikan beberapa cara mengatasi stres saat mengerjakan skripsi.


1. Kenali pembimbingmu

Sebelum menghadap kepada pembimbingmu sebaiknya anda mengenali dahulu karakter pribadinya. Anda dapat menanyakan kepada senior atau teman – teman yang kebetulan pernah dibimbing oleh beliau. dengan demikian anda dapat mengetahui lebih dahulu sifat –sifat dari pembimbing anda. Anda harus mengetahui hal – hal yang menjadi point penting dalam menilai skripsi anda seperti dia memiliki keahlian dibidang apa dan sebagainya.
 
2. Jujur dan berani
Point ini akan mendukung kecepatan anda dalam menyelesaikan skripsi anda, sebaiknya anda selalu jujur dalam memasukkan referensi dan data di dalam skripsi anda agar saat pemeriksaan aman dari coretan yang banyak. Selain itu anda juga harus berani mempertahankan pendapat apabila ada koreksi yang tidak semestinya dari pembimbing mengenai skripsi anda.
3. lakukan pendekatan
Jika pembimbing kamu adalah orang yang sulit diajak kompromi maka cobalah lakukan pendekatan dengan mengetahui hal – hal yang disukainya, bahkan kalau perlu buat pembimbing adna menjadi akrab dengan anda sehingga memudahkan dalam menjalankan skripsi nantinya. Walaupun pembimbing anda adalah orang yang sangar tetap bisa lembut bila sudah akrab dengan anda.  
4. Sesekali refresing
Bila skripsi anda sedang berada di tangan dosen dan menunggu beberapa hari untuk diambil koreksinya sebaiknya anda memanfaatkan momen tersebut untuk refresing menyegarkan otak anda.
5. Teliti sebelum diperiksa
Agar tidak terjadi kesalahan cobalah baca baik – baik skripsi anda 2 sampai 3 kali sebelum di print out dan di bawa ke pembimbing anda. Sebab salah sekecil apapun bisa fatal akibatnya bila anda tidak koreksi sebab dapat memperbanyak biaya print out juga dapat mengacaukan isi skripsi anda.
6. berdoa dan semangat
Ingatlah untuk selalu berdoa kepada ALLAH SWT agar dimuluskan dalam mengerjakan skripsi. Dan paling penting adalah jangan mudah patah semangat terutama bila skripsi anda dicoret – coret oleh dosen pembimbing anda.

itulah Tips mengatasi stres saat mengerjakan skripsi .Selamat mencoba semoga dapat membantu menyelesaikan skripsi anda. THANKS :D

Share this

Accountant, Blogger, Copywriter.  Kritik, saran dan masukan anda sangat kami harapkan agar lebih baik lagi. 

Related Posts

Previous
Next Post »