Tips Sukses Hadapi UAS Bagi Mahasiswa

Hasil gambar untuk uas
Syauqisubuh- UAS atau ujian akhir semester merupakan suatu rangkaian pengujian materi perkuliahan yang diberikan oleh dosen kepada mahasiswa pada akhir semester. UAS dilaksanakan setiap 6 bulan sekali, pada akhir semester ganjil dan semester genap. 

Sering kali UAS dapat menjadi beban bagi para mahasiswa, baik beban mental maupun beban emosional karena akumulasi jumlah materi yang ada dan waktu yang relatif  singkat. Tetapi, jangan khawatir dan resah untuk menghadapi Ujian Akhir Semester. Ada beberapa tips yang dapat membuat perjalanan UAS menjadi lancar.


1 . Buatlah Manajemen Waktu

Jauh-jauh sebelum UAS, kita harus bisa membagi waktu agar saat ujian akhir semester berlangsung, tidak terganggu dengan aktivitas lainya. Selesaikan terlebih dahulu tugas dan agenda acara yang ada sebelum UAS. Buatlah time schedulle belajar agar dapat membagi waktu yang adil untuk belajar masing-masing mata kuliah.

2. Hindari "SKS" atau Sistem Kebut Semalam

Sistem kebut semalam adalah salah satu cara belajar yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, hindarilah cara belajar yang seperti ini karena seringkali dapat membuat keteteran dalam mempelajari materi. Selain itu, hasil belajar tidak akan maksimal dan dapat berakibat menghasilkan niat mencontek. Lebih baik, kita mencicil sedikit demi sedikit saat menjelang UAS untuk belajar. Agar tidak terjadi "kebanjiran materi" yang diselesaikan dengan SKS. Manfaatkanlah waktu minggu tenang yang diberikan oleh kampus.

3. Pilih dan Tentukan Cara Belajarmu

Cara belajar masing masing individu berbeda. Pilihlah metode belajar yang tepat bagi kalian agar dapat menguasai materi yang akan diujikan. Bisa dengan belajar kelompok maupun mandiri, selain itu juga dapat belajar dengan metode verbal, audio maupun media lainya yang dapat membantu kita. Buatlah cara belajarmu nyaman dan mudah. Contoh dengan catatan warna-warni, sambil mendengarkan musik dan lain-lain.

4. Jagalah Kesehatan

Menjelang UAS biasanya banyak tenaga yang terforsir karena padatnya aktivitas. Jagalah kesehatan dengan makan teratur dan bergizi seimbang, agar tetap sehat dan dapat menjalani UAS dengan lancar. Perbanyak konsumsi buah buahan, jika perlu minumlah suplemen kesehatan agar dapat menjaga daya tahan tubuh.
 
5.Berdoa

Setelah semuanya sudah dipersiapkan dengan baik, jangan lupa berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa agar diberi kelancaran dalam mengerjakan UAS dan diberi hasil yang maksimal. Mintalah restu orang tua sebelum uas agar hati kalian tenang.

Jadi, janganlah kalian stres dan panik menghadapi UAS. Jangan menganggap remeh UAS. Tetap jaga konsistensi sebagai mahasiswa yang memiliki responsibilty tinggi agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Share this

Accountant, Blogger, Copywriter.  Kritik, saran dan masukan anda sangat kami harapkan agar lebih baik lagi. 

Related Posts

Previous
Next Post »