Tips Ngemil Sehat di Malam Hari

KIKI BLOG- Bagi Anda yang sering mengalami insomnia, tentu  sudah tahu mana makanan dan minuman yang harus dihindari sebelum tidur. Alkohol, kopi dan makanan penutup manis (semua hal yang enak) tidak disarankan dikonsumsi sebelum tidur.

Ternyata, ada  beberapa makanan yang dapat Anda makan untuk tidur yang lebih baik. “Banyak orang tahu apa yang tidak makan-makanan berat, makanan pedas, kafein,” kata Sleep Expert  YouBeauty, Shelby Freedman Harris, Psy.D. “Tapi aku punya banyak pasien yang  suka mengudap sepanjang malam atau tidak ingin makan sama sekali sebelum tidur, yang keduanya dapat mengganggu tidur. Mereka tidak tahu bahwa camilan kecil tidak apa-apa dan yang makanan, selain kalkun, mengandung tryptophan. ”


Tryptophan adalah asam amino yang dapat mengkonversi ke serotonin dan melatonin, zat kimia alami otak relaksasi yang dapat membantu Anda tidur nyenyak. “Ini juga didapatkan dari pisang, kacang-kacangan, biji-bijian, dan telur biasanya memiliki lebih tryptophan di dalamnya,” jelas Freedman.

Selain itu, karbohidrat kompleks juga penting, catatan dari YouBeauty Nutrisi Advisor Kristin Kirkpatrick, RD, karena mereka juga mempromosikan serotonin.
“Kebanyakan orang makan yang manis-manis ketika sedang stres karena mereka ingin merasa baik,” katanya. “Tapi itu bisa berarti beberapa pilihan yang benar-benar tidak sehat, seperti donat, meskipun mereka meningkatkan serotonin yang membuat Anda merasa lebih baik, tetapi Anda akan kelebihan gula yang justru berakibat buruk.” Kelebihan gula, lanjutnya, justru membuat kita terbangun tengah malam.

“Jika Anda mencampur makanan triptophan dengan karbohidrat tinggi, akan benar-benar menjamin triptophan tinggal di sistem Anda lebih lama,” jelas Freedman.
Berikut adalah makanan yang disarankan diasup satu jam sebelum tidur bagi Anda yang menderita insomnia akut.

1. Pisang dan kacang
Asup sepotong pisang dengan segenggam kacang favorit Anda. “Anda akan mendapatkan tryptophan dan karbohidrat,” kata Freedman. “Ini adalah campuran yang baik.”

2. Kerupuk dan selai kacang
Olesi selai kacang di atas kerupuk gandum utuh. Ini adalah campuran karbohidrat kompleks, protein dan tryptophan yang alami.

3. Semangkuk sereal
Susu mengandung tryptophan dan sereal gandum, yang merupakan karbohidrat kompleks yang saling melengkapi. Hanya, pastikan untuk menghindari gula pada malam hari.

4. Keju
Mengunyah keju rendah lemak sebelum tidur akan memberikan persediaan tryptophan. Plus, protein tanpa lemak bisa membuat Anda tenang, menjaga gula darah Anda secara stabil.
Catatan penting lainnya: pastikan untuk makan malam setidaknya tiga jam sebelum tidur, dan camilan sekitar satu jam sebelum Anda naik ke ranjang. Anda tidak dapat tidur dengan cepat dan nyenyak bila perut penuh atau kosong.

Share this

Accountant, Blogger, Copywriter.  Kritik, saran dan masukan anda sangat kami harapkan agar lebih baik lagi. 

Related Posts

Previous
Next Post »