Manajemen Waktu dan Cara Mengatur Hari Anda

Syauqisubuh- Waktu sangat berharga saat Anda menjalankan sebuah bisnis, terutama dalam fase awal. Terlalu sering rasanya tidak ada cukup waktu dalam sehari. Mengatur manajemen waktu yang baik bisa sangat melelahkan dan membutuhkan fokus serta tujuan.

Tingkatkan produktivitas Anda dengan pendekatan manajemen waktu yang tepat, agar Anda dapat bekerja secara efisien dan bebas stres. Berikut delapan tips untuk membantu Anda mengatur manajemen waktu dengan lebih baik.

1. Membangun Tujuan

Sangat penting bagi Anda untuk terlibat dalam aktivitas yang mendukung tujuan bisnis jangka pendek dan jangka panjang Anda.

Segala sesuatu yang tidak memenuhi tujuan ini hanya membuang-buang waktu. Pastikan Anda mengetahui dengan jelas tujuan bisnis Anda, sehingga Anda dapat memutar rencana harian Anda seputar melakukan tugas-tugas yang berhubungan langsung dengan pertumbuhan bisnis Anda.

2. Melakukan Hal yang Prioritas

Dalam buku First Things First, penulis Stephen Covey menyarankan untuk membuat kerangka daftar tugas organisasi berdasarkan seberapa penting dan mendesaknya tugas.

Perhatikan aktivitas harian Anda dan coba masukkan ke dalam kategori berikut:

  • Penting dan mendesak – Tugas penting harus segera diselesaikan.
  • Penting tetapi tidak mendesak – Tugas ini tampak penting tetapi setelah diteliti lebih dekat, tugas tersebut tidak mendesak, sehingga Anda dapat memutuskan kapan Anda menanganinya.
  • Mendesak tetapi tidak penting – Tugas-tugas yang paling “berisik” tetapi jika diselesaikan tidak memiliki nilai yang bertahan lama, delegasikan tugas-tugas ini jika memungkinkan.
  • Tidak mendesak dan tidak penting – Tugas ini berprioritas rendah dan menawarkan ilusi “sibuk”. Lakukan nanti.
  • Sebutkan tiga atau empat tugas “penting dan mendesak” yang harus ditangani hari ini. Beri centang dari daftar Anda saat Anda menyelesaikannya. Ini akan memberikan rasa pencapaian yang akan membantu memotivasi Anda untuk menyelesaikan tugas yang kurang penting juga.

3. Tahu Dimana Anda Menghabiskan Waktu

Banyak dari kita adalah individu yang tidak sadar bahwa kita telah membuang banyak waktu dan menurunkan tingkat produktivitas kita.

Apa yang mencuri waktu Anda? Apakah Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menjelajah web, membaca email, memposting di Facebook, mengirim pesan teks, atau melakukan panggilan telepon pribadi?

Lacak aktivitas harian Anda untuk melihat berapa banyak waktu yang Anda buang dan di mana Anda membuangnya.

Ini akan memberi Anda gambaran yang akurat tentang berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk kegiatan sehari-hari dan mengetahui bahwa itu adalah langkah pertama untuk manajemen waktu yang efektif.

4. Katakan Tidak

Anda bertanggung jawab atas waktu Anda sendiri dan Anda tahu apa prioritas Anda. Jangan ragu untuk menolak permintaan untuk menghadiri apa yang benar-benar penting dan mendesak.

Selain itu, jangan ragu untuk menarik diri dari proyek dan aktivitas yang Anda pikir tidak akan berhasil. Gunakan waktu baru ini untuk melanjutkan ke tugas produktif. Belajarlah selalu dari pengalaman Anda agar tidak membuang-buang waktu di kemudian hari.

Baca Juga

5. Membuat Rencana

Cara terburuk untuk menjalani hari ini adalah tanpa ide yang jelas tentang apa yang harus Anda selesaikan. Waktu yang dihabiskan sebelumnya untuk membuat rencana akan tampak sepele dibandingkan dengan waktu yang Anda habiskan untuk melompat dari satu aktivitas tanpa rencana.

Bergantung pada bagaimana Anda bekerja, coba salah satu opsi perencanaan ini.

Di penghujung hari, luangkan waktu 15 hingga 20 menit untuk membersihkan meja Anda dan buat daftar tugas paling mendesak untuk hari berikutnya. Anda akan bangun dengan tenang keesokan paginya karena meja yang rapi dan rencana Anda sudah jelas untuk hari Anda.

Datanglah lebih awal untuk bekerja pada hari berikutnya untuk menyusun daftar tugas yang Anda prioritaskan. Ini mungkin bagian paling produktif dari hari Anda.

6. Hindari Distraksi

Lacak berapa kali Anda terdistraksi saat melakukan tugas penting. Pastikan juga untuk melacak gangguan yang disebabkan oleh diri sendiri, terutama yang disebabkan oleh media sosial.

Meskipun ponsel cerdas Anda sangat berguna, ponsel juga dapat membuat ketagihan dan menjadi sumber yang sangat besar untuk membuang-buang waktu.

Mungkin dibutuhkan semua kemauan yang Anda miliki, tetapi cobalah menutup pintu dan telepon Anda untuk memaksimalkan waktu yang Anda habiskan untuk proyek penting. Anda tidak harus selalu terhubung, Anda dapat menjadwalkan bagian dari hari Anda untuk bermedia sosial, membalas email, dan membalas panggilan.

7. Mendelegasikan Tugas

Jika Anda telah mempekerjakan karyawan atau bekerja dengan mitra, izinkan mereka membantu Anda mengelola pekerjaan di meja Anda. Saat Anda menjalankan bisnis kecil, penting untuk tidak terganggu oleh operasi sehari-hari yang memakan waktu.

Saat Anda berfokus pada gambaran besar dan mengembangkan bisnis Anda, coba berikan tugas tertentu kepada orang lain di tim Anda.

8. Mengembangkan Rutinitas

Meskipun kejadian tak terduga akan datang pada hari Anda, Anda akan tetap lebih produktif jika memiliki rutinitas yang pasti sepanjang hari. Anda dapat lebih fokus pada tugas-tugas di hari Anda saat Anda membuat dan mengikuti rutinitas.

Tips manajemen waktu 2 dan mengatur hari


Bagaimana Anda Mengatur Hari Anda Secara Efektif?
Orang-orang sukses tahu bagaimana mengatur hari-hari mereka secara efektif.

Baik Anda tipe orang yang menekan tombol “tunda” pada alarm atau tipe orang yang melompat dari tempat tidur saat alarm berbunyi, kita semua perlu sedikit dorongan manajemen waktu sekarang dan nanti.

Siapkan hari Anda untuk sukses dengan produktivitas yang dimaksimalkan dengan tip tentang mengatur hari Anda ini.

1. Rencanakan Hari Anda pada Malam Sebelumnya

Anda harus membuat rencana untuk memulai hari berikutnya dengan tujuan sebelum tidur pada malam sebelumnya.

Keluarkan agenda atau jurnal Anda dan susunlah rencana tindakan Anda untuk hari berikutnya.
Umumnya, Anda harus memiliki setidaknya empat rencana untuk setiap hari.

Yang satu harus terkait dengan pekerjaan, yang satu harus menjadi aktivitas pribadi seperti tugas dan dua lagi harus untuk mencapai impian dan tujuan hidup Anda.

2. Jadwalkan Interupsi

Buat kelonggaran dalam rencana Anda untuk gangguan tak terduga untuk menghindari frustrasi dengan penundaan dalam jadwal harian Anda.

Ingatlah, tidak semuanya berjalan sesuai rencana. Satu-satunya cara untuk berhasil merencanakan hari Anda adalah dengan secara realistis untuk memastikan akan adanya interupsi pada hari Anda.

3. Melakukan Sesuatu yang Besar Sebagai Permulaan Hari Anda

Lakukan tugas terbesar Anda di pagi hari, sehingga Anda dapat menikmati sisa hari Anda. Dengan cara ini, bahkan jika Anda tidak menyelesaikan apa pun selama sisa hari itu, setidaknya Anda dapat mengklaim bahwa diri Anda produktif untuk menyelesaikan hal terbesar dalam daftar. Gunakan aplikasi pelacakan waktu untuk membantu Anda tetap pada jalurnya.

4. Tetap pada Rencana Anda dengan Aplikasi Pelacakan Waktu

Gunakan aplikasi pelacakan waktu untuk membantu Anda melihat ke mana perginya waktu Anda. Gunakan aplikasi untuk tidak hanya melacak waktu Anda tetapi juga memungkinkan Anda untuk menjadwalkan aktivitas seperti memeriksa Facebook dan Twitter.

Contoh aplikasi yang bisa Anda gunakan Adalah seperti: Toggl, SlimTimer dan RescueTime yang akan memudahkan hari Anda

5. Ingatlah, Bahwa Anda tidak Dapat Melakukan Semuanya dalam Satu Hari

Anda bukan superman dan Anda tidak dapat melakukan semuanya sekaligus dan dalam satu hari.

Saat Anda mengerjakan sebuah proyek, jangan menjejalkan semuanya satu hari, tetapi rencanakan pencapaian sebagai gantinya. Jangan frustrasi jika Anda tidak dapat melakukan semua yang telah Anda rencanakan.

Ingat, selalu ada waktu. Baik untuk bisnis Anda, maupun kehidupan Anda. Manajemen waktu yang baik adalah kuncinya.

Comments