Insecure? Berikut Cara Mengatasi Rasa Insecure

Syauqisubuh- Ketidaknyamanan yang mungkin pernah sobat rasakan saat sobat tidak percaya diri, malu, memiliki rasa bersalah, kekurangan, bahkan tidak mampu dalam mengerjakan suatu hal, mengakibatkan kamu bisa menjadi takut untuk berinteraksi dengan teman atau kerabat bahkan orang lain. Padahal, interaksi sangat penting dilakukan sebagai makhluk sosial.

Untuk itu berikut ini adalah bebrapa hal penting yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri mu:

1. Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Tips yang pertama yaitu dengan meningkatkan rasa percaya diri. Dengan cara mengenali diri kamu sobat sendiri, maka rasa percaya diri mu akan terus tumbuh.

Mulailah untuk mengenali diri sobat lebih luas. Jika sobat sudah mengetahui kemampuan atau potensi yang dimiliki oleh sobat maka rasa percaya diri sobat akan terus meningkat. Dan sobat tidak merasa cemas lagi dalam melakukan apapun.

2. Hindari Orang Yang Membuat Mu Insecure

Berteman dengan mereka yang memiliki kepribadian yang bukan tipe kamu memang harus dihindari. Apalagi, mereka yang selalu berkomentar yang negatif tentang diri kamu. Itu sama saja, akan membuat tingkat percaya dirimu down. 

Mulai saat ini pintar-pintar lah dalam memilih teman. Pilihlah teman yang bisa membantu sobat ke hal yang lebih positif. Yang selalu men-support dan membantu mu dalam hal apapun.

Baca Juga

3. Tidak Menghakimi Diri Sendiri

Dengan memiliki pikiran yang negatif tentunya akan membuat kamu memiliki rasa insecure dengan orang lain. Baiknya, sobat fokus untuk memperbaiki diri. Bukan menghakimi diri sendiri. Lakukan lah hal yang bisa membuat sobat berdamai dengan diri  sobat sendiri.

4. Pilih Lingkungan Dengan Suasana Baik

Tips selanjutnya yaitu memilih lingkungan yang baik. Mungkin hal ini akan membantu sobat dalam menenangkan pikiran dan menghindari  rasa insecure. Carilah lingkungan yang membuat sobat bisa meningkatkan percaya diri yang dimiliki supaya bisa terhindar dari rasa insecure. 

5. Melakukan Eksplorasi Terhadap Hubungan Pertemanan

Hal yang bisa sobat aplikasikan dalam mengatasi insecure ialah dengan mengeksplorasikan hubungan pertemanan sobat. Dengan cara mengenali teman-temanmu dan tunjukkan bentuk empati sobat kepada teman sobat. Supaya, hubungan pertemanan sobat tetap harmonis.

Comments