Puasa Arafah : Keutamaan 10 Hari Awal Bulan Dzulhijjah dan Tata Cara Pelaksanaannya

Syauqisubuh- Menjelang perayaan Idul Adha 2020/1441 H, umat Islam disunahkan melakukan puasa Arafah yang juga dilakukan Nabi Muhammad SAW. Allah SWT telah menjanjikan berkah bagi hambaNya yang melakukan ibadah sunah tersebut.

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

Artinya: "Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu." (HR Muslim)
Puasa Arafah, wukuf di Arafah, dan tanggal 9 Dzulhijjah adalah satu kesatuan karena terjadi pada hari yang sama. Nabi Muhammad SAW dan para sahabat, ternyata sudah biasa melakukan puasa Arafah meski tidak ada dan belum terlaksana wukuf di Arafah.
Keutamaan Puasa Tarwiyah

Adapun keutamaan puasa sunah Tarwiyah (8 Dzulhijjah) dan Arafah (9 Dzulhijjah) bagi orang yang tidak melaksanakan ibadah haji berdasarkan beberapa hadist Nabi Muhammad SAW adalah :
  1. Barang siapa yang menjalankan Puasa Tarwiyah akan dihapus dosa satu tahun yang lalu yang telah terlewati.
  2. Sedangkan yang berpuasa di hari Arofah akan dihapus dosa dua tahun (1 tahun yang lalu dan 1 tahun yang akan datang)
  3. Dan yang melaksanakan dua puasa ini akan dianugrahi oleh Allah SWT dengan 10 macam kemuliaan, yaitu:
    1. Allah akan memberi keberkahan pada kehidupannya.
    2. Allah akan menambah harta.
    3. Allah akan menjamin kehidupan rumah tangganya.
    4. Allah akan membersihkan dirinya dari segala dosa dan kesalahan yang telah lalu.
    5. Allah akan melipat gandakan amal dan ibadahnya.
    6. Allah akan memudahkan kematiannya.
    7. Allah akan menerangi kuburnya selama di alam Barzah.
    8. Allah akan memberatkan timbangan amal baiknya di Padang Mahsyar.
    9. Allah akan menyelamatkannya dari kejatuhan kedudukan di dunia ini.
    10. Allah akan menaikkan martabatnya di sisi Allah SWT.
Keutamaan Puasa Arafah
Keutamaannya yakni, dihapuskan segala dosa selama satu tahun yang lalu, dan setahun yang akan datang dijaga Allah untuk tidak berbuat dosa atau maksiat.

Hal itu sebagaimana tertuang dalam hadis yang diriwayatkan Abu Qatadah al-Anshari RA.
"Dan Rasulullah SAW ditanya tentang berpuasa di hari Arafah. Maka, baginda bersabda, 'Ia menebus dosa setahun yang telah lalu dan setahun yang akan datang'.” (HR Imam Muslim).
Bagaimana Pelaksanaan Ibadah Sunnah Puasa Arafah?
Puasa Arafah disunahkan bagi orang yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji. Tidak haji artinya mereka tidak melakukan wukuf di Padang Arafah.

Berapa hari puasa Idul Adha ini sebaiknya dilaksanakan? Hal ini merujuk pada hadist yang dinarasikan Hunaidah ibn Khalid.

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُ تِسْعَ ذِى الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنَ الشَّهْرِ وَالْخَمِيسَ

Artinya: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari Asyura (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya, awal bulan di hari Senin dan Kamis." (HR Abu Daud).

Sebagian ulama menilai hadist ini lemah misalnya Az-Zaila'i meski ada juga yang menilai kuat misal ulama Al-Albani. Terlepas dari pendapat tersebut, Nabi Muhammad SAW terbiasa melakukan puasa di tanggal 9 Dzulhijjah.

عَنْ أُمِّ الْفَضْلِ بِنْتِ الْحَارِثِ أَنَّ نَاسًا تَمَارَوْا عِنْدَهَا يَوْمَ عَرَفَةَ فِي صَوْمِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ بَعْضُهُمْ هُوَ صَائِمٌ وَقَالَ بَعْضُهُمْ لَيْسَ بِصَائِمٍ فَأَرْسَلَتْ إِلَيْهِ بِقَدَحِ لَبَنٍ وَهُوَ وَاقِفٌ عَلَى بَعِيرِهِ فَشَرِبَهُ

Artinya: "Dari Ummul Fadhl binti Al Harits, bahwa orang-orang berbantahan di dekatnya pada hari Arafah tentang puasa Nabi SAW. Sebagian mereka mengatakan, 'Beliau berpuasa.' Sebagian lainnya mengatakan, 'Beliau tidak berpuasa.'' Maka Ummul Fadhl mengirimkan semangkok susu kepada beliau, ketika beliau sedang berhenti di atas unta beliau, maka beliau meminumnya." (HR Bukhari)

Niat Puasa Tarwiyah

ﻧﻮﻳﺖ ﺻﻮﻡ ﺗﺮﻭﻳﻪ ﺳﻨﺔ ﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ

NAWAITU SAUMA TARWIYAH SUNNATAN LILLAHI TA’ALAH

“Saya niat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah ta’ala.”

Niat Puasa Arafah

ﻧﻮﻳﺖ ﺻﻮﻡ ﻋﺮﻓﺔ ﺳﻨﺔ ﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ.

NAWAITU SAUMA ARAFAH SUNNATAN LILLAHI TA’ALAH

“Saya niat puasa Arofah , sunnah karena Allah ta’ala.”
Bagi umat Islam, Dzulhijjah adalah salah satu bulan mulia yang sebaiknya diisi dengan berbagai amal kebaikan. Selain puasa Arafah, dzikir dan membaca Al-Qur'an serta sholat sunah sangat disarankan untuk dipraktikkan tiap muslim. Dalam setiap amal jangan lupa berdoa memohon perlindungan dan supaya wabah COVID-19 segera berlalu.

Comments