Masjid- Masjid Mewah dan Unik di Batam Kepulauan Riau, Salah Satunya Terbesar di Sumatra.

Syauqisubuh- Buah pelam, buah kuini, kalau kalian ke Batam, jangan lewatkan masjid ini...(apaan sih gw) Ya.. sesuai dengan judul artikel ini. Kalau kalian berkunjung ke Kota Batam banyak hal yang menarik, mulai dari wisata pantainya, hiburannya, resort-resort mewah dan banyak lagi. Tapi kali ini saya akan membahas wisata religinya. 

Berikut beberapa masjid di kota Batam yang banyak di kunjungi oleh warga Batam dan luar Batam: 

1. Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah Batam
Diresmikan pada 20 September 2019 lalu, masjid ini digadang-gadang menjadi masjid paling besar di Pulau Sumatra. Masjid yang terletak di Tj. Uncang, Kec. Batu Aji, Kota Batam, Kepulauan Riau sangat mewah dengan dengan ornamen-ornamen Arab dan Melayu. Hadirnya Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah tentu akan menambahkan atraksi wisata di Kota Batam. Dengan kata lain, destinasi wisata di Batam semakin beragam dan komplit.

Dengan menelan Anggaran kurang lebih Rp 260 M, masjid ini mengadopsi Masjid Nabawi yang ada di Madinah, terdiri dari dua lantai, basment sebagai lahan parkir & lantai satu sebagai ruang shalat utama. Dilengkapi dengan menara megah yang tingginya mencapai 99 m dan ditambah 8 payung membran dengan luas bentangan 25 m.

Saat ini pembangunannya masih terus dilakukan. Di lokasi itu bisa menjadi tempat swafoto bagi para pengunjung. Keramik masjid pun sudah selesai dipasang, hanya perlu penghalusan. Pekerjaan lain yang sedang dilakukan adalah pemasangan plafon ruang sholat utama, termasuk sound system.

Untuk lokasi parkir, basement mampu menampung 308 unit mobil dan 331 unit motor. Di halaman masjid area parkir tersedia untuk 10 unit bus, 105 mobil, dan 107 unit motor.

Jadi masjid mewah ini adalah salah satu tempat wisata religi terbaru yang lagi populer untuk masyarakat batam khusunya, dan buat kamu yang ingin berlibur ke Kota Batam jangan lupa untuk mampir ke Tanjung Uncang untuk melihat dan merasakan sendiri nuasan meganya Masjid Agung Sultan Mahmud Riayat Syah .

2. Masjid Muhammad Cheng Ho

Masjid Muhammad Cheng Ho ini tidak memiliki kubah seperti layaknya masjid pada umumnya. Kubahnya digantikan dengan atap segi 8 yang Daily Voyagers sebutkan tadi menyerupai sebuah pagoda.

Masjid Muhammad Cheng Ho dibangun di areal seluas 80 x 80 meter, dengan luas masjid 20 x 20 meter dan berkapasitas 180 jemaah.

Banyak wisatawan berkunjung ke sini terutama dari negara ASEAN. Dari Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Myanmar, dan Brunai

3. Masjid Agung Batam Center
Berada di kawasan Batam Center yang merupakan pusat pemerintahan kota Batam. Masjid ini memiliki kubah dengan bentuk unik yang berdesain limas segi empat atau seperti piramida. Kemegahan bangunannya membuat masjid ini tampil sangat mencolok. Didirikan tepat berhadapan dengan tulisan raksasa “Welcome to Batam”, 

Selain menjadi tempat ibadah, masjid ini menjadi pesona daya tarik pariwisata. Pesona Masjid Agung Batam Center ini akan lebih terlihat pada malam hari, ketika bias sinar lampu dari dalam masjid menerobos bagian terbuka dari undakan-undakan yang membentuk bagian kepala masjid. Sebuah pemandangan menakjubkan, berpadu indah dengan tulisan raksasa “Welcome to Batam”.

4. Masjid Jabal Arafah 
Masjid Jabal Arafah Batam, adalah Masjid unik yang terletak di Pusat Bisnis Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau. Rasanya belum lengkap kalau belum berkunjung ke Masjid Jabal Arafah, seperti juga belum sampai ke Jembatan Barelang.

Dengan lingkungan yang asri, serta dibangunnya menara (Tower) setinggi 36 meter, juga tersedianya fasilitas taman, perpustakaan, kantin, dan tempat penjualan suvenir serta aneka kebutuhan pengunjung, telah menjadi salah satu destinasi religi keluarga di Batam, dan bahkan pengunjung dari kota-kota lain, serta Wisatawan Manca-Negara.

Dengan memanfaatkan kontur tanah ‘Bukit Nagoya/ Lubuk Baja’, Masjid Jabal Arafah telah dirancang, dibangun, dan dikembangkan dengan tujuan multi-fungsi, selain fungsi utama sebuah masjid -sebagai tempat ibadah Shalat Umat Islam.

Tonton juga keseruan kami saat mengungjungi masjid-masjid di atas...


 *Via: Berbagai sumber



Comments