MITOS atau FAKTA: Apa Hubungan Telur dan Bisul? Benarkah Bisa Bisulan?

Syauqisubuh- Pernahkah anda muncul bisul di tubuh?  Banyak orang berkata , bisul itu muncul karena kita seirng makan telur. Benarkah begitu? Apa hubungannya, ya?

Bisul ialah salah satu infeksi kulit muncul pada folikel rambut/kelenjar minyak di bawah kulit. Yang semula hanya bintik merah saja kemudian akan terasa sakit dan nyeri ketika di sentuh. Kemudian kemerahan ini akan berkembang membentuk benjolan keras, penuh dengan nanah yang bisa melunak saat disentuh. Sehingga terjadi pembekakan.

Pada umumnya bisul muncul di badan atau punggung, leher, ketiak, bokong, atau selangkangan. Tapi bisulan dapat muncuk di bagian tubuh mana pun, terutama di daerah kulit berambut yang rentan berkeringat atau mengalami gesekan.

Siapa saja yang rentan bisulan?

Semua orang bisa bisulan. Kulit merupakan bagian penting dari pertahanan kekebalan tubuh manusia terhadap benda asing dan kuman penyebab penyakit. Oleh karena itu, kulit yang rusak, karena tergores atau tertusuk, dapat menjadi gerbang bagi bakteri masuk ke dalam tubuh dan menginfeksi kulit di sekitarnya. Penyebab bisul adalah bakteri Staphylococcus aureus yang hidup di kulit.

Kebersihan sangat menentukan muncul atau tidaknya bisul di kulit kita. Jika lingkungan kurang bersih, infeksi pun mudah terjadi. Mengonsumsi obat tertentu yang melemahkan sistem kekebalan tubuh juga akan lebih mudah bisulan. 

Sementara, kita sering main di luar sehingga terkena debu dan kotoran. Bahkan, ada juga yang sering tidak cuci tangan tapi langsung makan.

Karena kotor, badan kita jadi gatal-gatal. Kita pun jadi menggaruk kuit dengan tangan dan kuku yang kotor.

Jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah misalnya karena usia tua atau HIV, Anda juga rentan bisulan.

Nah, di sinilah infeksi terjadi dan menimbulkan bisul.

Apa yang harus dilakukan?

Tetap harus menjaga kebersihan. Tetap ingat mencuci tangan dengan sabun setelah dari luar atau dari toilet, ya!

Selain itu, segera mandi setelah selesai bermain.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, penyebab bisul adalah bakteri Staphylococcus aureus yang menginfeksi kulit. Jadi, sebenarnya anggapan yang mengatakan bahwa kebanyakan makan telur bisa bikin bisulan itu salah besar.

Namun demikian, beberapa makanan memang bisa memicu berkembangnya jerawat batu alias jerawat kistik yang memiliki ciri-ciri mirip dengan bisul. Makanan tersebut adalah:
  • Gula atau makanan manis lainnya

Makanan atau minum yang mengandung gula bisa membuat kulit jadi bermasalah. Pasalnya, makanan tinggi gula, tinggi pula kadar indeks glikemiknya yang bisa menaikkan kadar gula darah. Kadar gula darah yang terlalu tinggi bisa merangsang produksi minyak dan memicu jerawat kistik di kulit.
  • Makanan berlemak

Diwartakan dari Huffington Post, Dr. Mark Hyman menyatakan bahwa asupan lemak jenuh dan minyak nabati olahan, seperti minyak kedelai dan jagung, bisa meningkatkan produksi hormon pertumbuhan mirip insulin yang menyebabkan folikel kulit rentan terinfeksi bakteri dari luar. Terlebih lagi, Dr. Hyman menyatakan, kalau minyak goreng yang dipakai dan sering dikonsumsi lewat restoran cepat saji, bisa memicu munculnya jerawat kistik ataupun masalah kulit yang serupa dengan bisul.

Namun bila Anda memilih lemak baik, seperti asam lemak omega-3 dan omega-6 yang banyak terdapat pada ikan laut, lemak ini justru dapat membantu mencegah terbentuknya jerawat.

Baca Juga

Lantas, Apa Hubungannya Dengan Telur? 
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bisul muncul karena kita terinfeksi kuman, jadi sama sekali tidak ada hubungannya dengan menkonsumsi telur.

Justru telur itu baik untuk kita. Telur mengandung protein yang bisa membuat tubuh kita lebih sehat dan kuat.

Jadi, mulai sekarang rajin bersih-bersih dan tidak perlu takut makan telur, ya!

Comments