4 Manfaat Push Up dan Cara Melakukannya dengan Tepat.

Tidak hanya bisa menurunkan berat badan dan menguatkan otot, rutinitas latihan push up dapat memberikan banyak manfaat lainnya.
SyauqiSubuh- Kendala waktu yang terbatas dan tidak adanya alat yang memadai tidak bisa menjadi alasan bagi Anda untuk melewati olahraga. Karena selain lari, masih ada banyak bentuk olahraga lainnya yang bisa Anda lakukan, bahkan bisa dilakukan ketika sedang menonton televisi dan tanpa perlu menggunakan alat penunjang yang mahal. Latihan yang dimaksud adalah push up.
Push up merupakan salah satu jenis olahraga yang khusus melatih kekuatan dan ketahanan tubuh. Lebih tepatnya lagi, push up termasuk olahraga ketahanan isometrik, yaitu gerakan yang dilakukan dengan menggunakan benda yang tidak bergerak guna memicu kontraksi otot tubuh. Olahraga yang melatih kekuatan ini memiliki beragam manfaat yang dapat membantu Anda mengurangi berat badan, meningkatkan keseimbangan tubuh, membuat jantung lebih sehat, dan masih banyak lagi.

Empat Manfaat Push-up

Tidak hanya dapat meningkatkan keseimbangan tubuh dan baik untuk jantung, push up juga memiliki empat manfaat lainnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat push up bagi tubuh Anda,
Menjaga kesehatan otot dan tulang
Menjaga kesehatan otot dan tulang dada penting dilakukan sejak setelah masa pubertas. Penting karena setiap tahunnya Anda akan kehilangan setidaknya satu persen kekuatan otot dan tulang. Oleh karena itu Anda perlu melakukan olahraga yang melatih kekuatan seperti pushup.

Mencegah dan mengatasi sarcopenia.
Sarcopenia adalah kondisi dimana massa otot mengalami penurunan dikarenakan adanya penuaan pada otot. Salah satu penyebab terjadinya sarcopenia adalah kurangnya aktivitas yang memicu masa otot semakin menurun. Oleh karena itu perlu untuk melakukan olahraga yang dapat meningkatkan kekutan seperti push up.

Membentuk otot tubuh bagian atas
Gerakan push up lebih banyak menggunakan otot bagian atas, yaitu bagian tricep (otot bagian luar lengan atas) dan dada. Meski hanya terfokus pada tubuh bagian atas, push up juga dapat memperkuat bagian tubuh lainnya. Karena pada saat Anda melakukan gerakan push up yang baik, maka bagian otot dari atas hingga kaki akan ikut aktif.

Mengencangkan anggota tubuh lainnya
Dengan melakukan gerakan push up sebanyak 12-15 kali dalam sehari dan ditunjang dengan gerakan lainnya, dapat membantu Anda dalam mengencangkan bagian tangan, otot perut, bokong, dan kaki Anda.

Cara Melakukan Push Up yang Tepat

Guna mendapatkan hasil yang maksimal, tentu Anda perlu melakukan gerakan push up yang tepat. Jangan sampai melakukan kesalahan mengangkat bagian atas tubuh dengan menggunakan otot perut, bokong, atau bagian bawah tubuh sebagai pendorong utama. Gerakan yang tepat adalah dengan mengaktifkan kekuatan otot lengan.
Selain itu, perhatikan bagian dada Anda pada posisi turun, jangan sampai dada Anda menyentuh lantai saat melakukan gerakan push up. Tahan setidaknya pada jarak 5 cm. Dan ketika Anda berada pada posisi naik, jaga agar bagian atas tubuh atau kepala, punggung tetap lurus sejajar dengan bagian kaki.
Jika Anda ingin mendapatkan tubuh yang sehat, bugar, dan bentuk tubuh dengan berat badan yang ideal, buang jauh-jauh rasa malas dan beragam alasan, dan mulailah berpikir tentang manfaat yang bisa didapatkan. Dan segera mulailah gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga, menjaga pola makan dan beristirahat secara tertatur.

Comments