SEKILAS TENTANG INTERNET : Pemahaman istilah-istilah internet

Syauqisubuh- Salah satu perkembangan teknologi informasi dewasa ini yang diaplikasikan untuk beraneka ragam kepentingan ialah yang merupakan jaringan komputer global. Internet sangat bermanfaat karena mempermudah para penggunanya untuk berkomunikasi langsung dengan berbagai pihak dan mempermudah perolehan informasi yang dibutuhkannya tanpa dibatasi oleh waktu dan ruang dan dalam waktu yang sangat singkat.

Semua komputer yang telah dihubungkan dengan internet dapat saling bertukar informasi dan berkat adanya World Wide Web (www) yang menerapkan “hubungan” yang disebut hypertext link.

Pemahaman istilah-istilah internet
Archie. Dijaringan internet terdapat sangat banyak file yang mungkin diakses. Archie merupakan sarana untuk mencari file yang diinginkan untuk diakses.

Domain Name Server (DNS). DNS merupakan cara yang digunakan untuk menghubungkan nama dengan nomor Internet Provider (IP). DNS ternyata memudahkan seseorang mengingat alamat komputer di internet ketimbang mengingat nomor IP.

Domain Suffix adalah bagian dari alamat pada electronic mail tanpa nama belakang surname pengguna dengan menggunakan simbol tertentu seperti @ atau nama host.

E-mail Address. Setiap orang yang mempunyai akses ke internet mempunyai “alamat” surat elektronik (Electronic Mail).

File Transfer Protocol (FTP). FTP adalah salah satu fasilitas internet yang digunakan untuk mentransfer atau menyalin file dari satu komputer di internet ke komputer seseorang.

Gopher. Yang dimaksud dengan gopher adalah menu yang tersedia dan menu pilihan seseorang untuk mengantarkannya ke sumber informasi yang diinginkannya.

Homepage. Ini merupakan halaman atau dokumen yang dapat ditemukan di WWW.

Host. Yang dimaksud dengan host ialah komputer yang merupakan bagian dari internet yang berisi file atau informasi yang disediakan bagi para pengguna internet.

Hypertext Markup Language (HTML). Kegunaannya ialah membuat dokumen hypertext. Dengan kata lain, suatu dokumen diatur melalui HTML yang ditaruh di server WWW agar dapat diakses oleh orang yang menginginkannya.

Hypertext Transfer Protocol (HTTP). Ini merupakan format atau protocol yang digunakan untuk memindahkan halaman-halaman dokumen WWW yang baku.

Hypertext. Yang dimaksud dengan istilah ini ialah suatu teks yang berkaitan dengan teks yang lain. Suatu teks dikaitkan dengan teks lainnya melalui suatu kata atau kelompok kata yang terdapat diteks dimaksud.

Internet Protocol Address (IPA). Menunjukkan “alamat” seseorang diinternet.

Internet Relay Chat (IRC). Merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk percakapan di internet melalui papan kunci (keyboard) yang terdapat di komputer.

Name Server Address. Berarti alamat IP dari mesin yang menerjemahkan alamat internet berupa teks ke format bilangan.

Newsgrup. Untuk mendiskusikan beraneka ragam topik melalui internet dalam bentuk kelompok.

Network News Transport Protocol (NNTP). Berarti perpanjangan dari protokol TCP/IP yang berfungsi untuk menjelaskan bagaimana pesan suatu newsgroup dipindahkan diantara server yang kompatibel.

Packet Internet Groper (PING). Ini adalah suatu instrumen TCP/IP yang berfungsi mengirimkan informasi ke komputer yang terdapat pada jaringan dan bahkan dapat digunakan untuk memastikan bahwa sebuah komputer sudah dihubungkan dengan internet.

Serial Line Internet Protocol (SLIP). Prokol ini berfungsi untuk meneruskan protokol TCP/IP via modem dan saluran telepon.

Simple Mail Transfer Protocol (SMTP). Suatu protokol dijaringan TCP/IP yang mengatur perpindahan electronic mail antara host dan pengguna.

Transmission Control Protocol/ Internet Protocol (TCP/IP). Metode yang digunakan untuk melewatkan data diseluruh jaringan, termasuk internet.

Telnet. Jaringan ini berfungsi untuk mengijinkan seseorang melakukan koneksi kekomputer lain di jaringan internet.

Terminal. Komputer yang tidak merupakan bagian dari internet tetapi dapat dihubungkan dengan komputer lain yang merupakan bagian dari internet.

Uniform Resource Locator (URL). Suatu sistem penamaan yang menyangkut lokasi suatu dokumen WWW.

Usenet. Salah satu fasilitas yang digunakan sebagai “tempat diskusi” oleh newsgroup.

Very Easy Rodent-Oriented Netwide Index to Computerized Archives Veronica. Merupakan alat pencari seperti archie, yaitu mencari teks yang tampak pada menu gopher.

Wide Area Information System (WAIS). Merupakan cara untuk mempermudah pencarian pangkalan data yang tersedia di internet.

Web Browser. Ialah  program yang digunakan untuk mengakses dokumen WWW.

Windows Socket (Winsock). Merupakan aplikasi pemprograman interface yang dirancang agar aplikasi windows dapat dijalankan dijaringan TCP/IP.

World Wide Web (WWW). Merupakan fasilitas internet. WWW menyajikan berbagai jenis informasi dalam bentuk dokumen yang saling terkait.

Share this

Accountant, Blogger, Copywriter.  Kritik, saran dan masukan anda sangat kami harapkan agar lebih baik lagi. 

Related Posts

Previous
Next Post »