Tips Mudah Hilangkan Rasa Kantuk Saat Shalat Taraweh

Syauqisubuh- Saat bulan Ramadhan, orang-orang berlomba untuk memperbanyak amalan dan ibadah karena memang di bulan Ramadhan pahala yang di dapat akan lebih besar di bandingkan bulan-bulan biasa. Maka dari itu bulan ini penuh dengan keistimewaan, salah satu ibadah yang hanya ada di bulan Ramadhan adalah shalat taraweh, ya shalat ini termasuk shalat sunnah yang ini bisa dilakukan 8 atau 20 rakaat setelah shalat fardhu Isya. Nah hal ini tentu saja bisa menimbulkan rasa kantuk saat anda tengah shalat taraweh. Untuk itu berikut ada beberapa tips agar rasa ngantuk bisa teratasi dengan mudah saat sholat taraweh, agar ibadah anda dapat berjalan dengan baik dan lancar di tiap-tiap malam bulan ramadhan. :

Saat berbuka Puasa jangan makan berlebihan.
Saat berbuka puasa seringkali karena sudah menahan diri seharian dari makan dan minum sebagain orang balas dendam dengan menyantap semua hidangan ketika berbuka, akibatnya perut kekenyangan dan pada akhirnya menjadi penyebab ngantuk sebelum Sholat isya Tiba. Untuk itu berbukalah sekedarnya saja, minum segelas air putih dan manis tambah makanan ringan seperti 3 biji kurma. Kemudian lanjutkan dengan sholat magrib setelah itu makan malam sekedanya juga jangan sampai terlalu kekenyangan.

Istirahat siang manfaatkan dengan Sebaik mungkin.
Saat istirahat siang usahakan dimanfaatin dengan sebaik mungkin, gunakan untuk tidur siang secukupnya dan jangan terlalu memaksakan diri untuk berkerja jika memang sudah waktunya istirahat terkhusus di bulan puasa.

Jangan Tidur sampai larut Malam
Malam hari usahakan tidur lebih awal, jangan bergadang kalau memang tidak ada dikejar tugas mendesak, tidur lebih awal akan membuat badan kita senantiasa segar sampai pada sore hari sehingga tetap semangat sholat taraweh.

Baca Juga

Niat Dengan Iklas untuk mendapatkan Ridho Allah
Kalau niatnya ikhlas sholat taraweh karena Allah, pasti gak kerasa dan gak bakalan mikir yang macam – macam lagi dah.

Kalau ngantuk datang ditengah sholat, berwudhu aja langsung disela – sela istirahat menuju rokaat selanjutnya.

Jadikan Bulan Romadhon sebagai moment untuk berlatih menjadi lebih baik lagi ibadahnya dengan begitu, akan menjadi kebiasaan yang bisa dinikmati setiap kali melakukannya.

Demikian beberapa tips sederhana supaya ketika sholat taraweh tidak timbul rasa kantuk dan tetap semngat sampai selesai rakaat terakhir sholat taraweh.

Semoga amal ibadah sahabat ku semua selama bulan puasa ini diterima Allah Ta’ala ya. Aamiin.

Share this

Accountant, Blogger, Copywriter.  Kritik, saran dan masukan anda sangat kami harapkan agar lebih baik lagi. 

Related Posts

Previous
Next Post »