Menjaga Pahala Puasa Dengan Cara-Cara Berikut

Syauqisubuh- Sungguh beruntung bagi umat islam yang dianugerahi bulan suci Ramadhan, bulan penuh hikmah, barokah dan magfiroh. Di bulan ini kita bisa menimbun pundi-pundi pahala guna menjadi bekal di akhirat kelak. alangkah meruginya bila di bulan ini kita kehilangan kesempatan untuk menabung amal kebaikan dan juga termasuk kerugian besar jika kita tidak bisa menjaga pahala dari amal yang kita kerjakan selama bulan puasa. 

Berikut ini adalah beberapa perkara yang harus di perhatikan guna menjaga pahala puasa:

A. MENAHAN PANDANGAN
Yaitu menahan mata dari melihat hal-hal yang diharamkan, melihat aurat wanita yang bukan muhrimnya karena wanita itu aurat dan dapat mendatangkan fitnah, Allah SWT telah berfirman :" Katakanlah kepada laki-laki yang beriman hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya yang demikian itu adalah lebh suci bagi mereka sesungguhnya Allah maha mnegetrahui apa yang mereka perbuat (QS. An-Nur:30)

B. MENJAGA PENDENGARAN
Yaitu menjaga telinga dari segala hal yang diharamkan atau dibenci kareba manusia akan ditanya tentang pendengarannya. Sebagaimana pula di tanya tentang penglihatannya. Orang yang mengucapkan perkataaan buruk atau ucapan bathil dan orang yang mendengarkannya maka keduanya telah berserikat (koalisi) dalam perbuatan dosa.

C. MENJAGA LISAN
Yaitu memelihara darisegala ucapan buruk dan keji dari memfitnah dan sebagainya, Maka wajib bagi seseorang yang puasa untuk meninggalkan perbuatan ini, gibah (menggunjing) namimah (mengadu domba) bertengkar, mencaci maki dan mencela orang lain. Hendaknya ia memilih diam atau menyibukkan diri dengan sesuatu yang dapat mendekatkan dirinya kepada Allah SWT seperti membaa Al-Qur'an, berdzikir, itikaf di masjid dan amar ma'ruf nahi mungkar, karena setiap yang diucapkan manusia kelak akan menjadi bumerang baginya.

Baca Juga

D. MENJAGA PERUT
Maksudnya adalah jangan sampai memasukkan sesuatu yang diharamkan kedalam perut baik berupa makanan ataupun minuman. Seorang muslim berpuasa menahan diri dari yang halal maka selalayknya mampu menahan diri dari hal yang haram yang dapat mencelakakannya, seorang muslim jangan sampai menjual dalam bermu'amalah atau menjual dagannya dengan sumpah palsu, demikian pula hendaknya dia menjauhi mengambil penghasilan dari segala yang berbentuk riba.

E. MENJAGA TANGAN dan KAKINYA
Yaitu jangan sampai tangan tersebut melakukan sesuatu yang tidak baik (memukul orang yang tak bersalah) dan kaki jangan sampai dilangkahkan ke tempat-tempat yang haram.

Seluruh adab diatas hendaknya menjadi perhatian kita dan senantiasa dijaga bagi setiap muslim dimanapun dan kapanpun , lebih-lebih di bulan suci ini. Semoga ibadah kita lancar dan kita mendapat rahmat dan ampunan dari Allah SWT.

Comments