Kurma Tinggi Nutrisi dan Banyak Manfaatnya

Syauqisubuh- Saat bulan ramadhan tiba banyak sekali kita jumpai Kurma di perjualbelikan di pasar-pasar, toko, minimarket dsb. Rasanya kurma memang harus ada dalam daftar menu berbuka puasa, dengan nama latin Phoenix datylifera adalah buah tanaman palma dalam genus Phoneix. Kurma di tengarai berasal dari tanah sekitar teluk persia. Di Timur Tengah kurma ini sudah menjadi makanan pokok selama sudah lebih ribuan tahun. Di Timur Tengah kurma di golongkan atas beberapa jenis dalam bahasa arab seperti: Tamr (matang, dikeringkan dengan bantuan matahari), rutab (matang, lembut), kimri(muda), dan khalal(berukuran penuh).
Buah Kurma

Kurma mengandung sumber vitamnin C dan juga energi lebih kurang 230 kcal pada setiap 100 gramnya. Ya kurma memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi dan juga ternyata memiliki sejuta khasiat yang sangat baik untuk tubuh kita. Apa saja manfaat dari buah kurma untuk tubuh kita? berikut adalah ulasannya:

1. Bergizi

Kurma yaitu sumber dari banyak nutrisi yang tidak serupa serta mereka tinggi serat. Setiap 100 gram kurma menyediakan  18 % dari asupan serat harian anda yang direkomendasikan. Selain vitamin C kurma juga mengandung vitamin pelengkap yang baik seperti, vitamin B5 serta B6, folat, niacin serta vitamin A.

Porsi yang sama berikan Kamu 20 persen kalium, 18 persen tembaga, 14 persen dari magnesium serta jumlah tinggi kalsium dan zat besi yang benar-benar baik bagi mensupport kesehatan tulang serta darah.

2. Antioksidan Tinggi

Dalam satu studi temukan kalau kurma punya jumlah tertinggi kandungan polifenol, dari jenis antioksidan dibandingkan dengan buah kering yang lain. Polifenol ini telah terbukti membantu mencegah penyakit bersdegeneratif seperti penyakit  osteoporosis, diabet, kanker, serta jantung, .

Baca Juga

3. Meningkatkan Stamina dan Kesuburan

Mengonsumsi kurma dengan  diakui dapat meningkatkan stamina seksual. Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan merendam sebagian kurma dalam susu kambing selama semalam, kemudian menggiling campuran dengan sebagian bubuk kapulaga serta tambahkan madu.

Menariknya, serbuk sari dari bunga kurma telah ditemukan bisa meningkatkan kesuburan bagi pria serta meningkatkan jumlah sperma.

4. Menyehatkan jantung

Konsumsi kurma telah terbukti mengurangi kadar lipid darah serta stres oksidatif dalam tubuh. Ini akan membantu mencegah perkembangan aterosklerosis yang dapat menyebabkan penyakit seperti serangan jantung, stroke atau aneurisma.

Inilah manfaat dari buah kurma, masih banyak lagi manfaat lainnya untuk kesehatan kita, semoga bermanfaat untuk anda dan juga menambah wawasan dan pengetahuan anda. 

Share this

Accountant, Blogger, Copywriter.  Kritik, saran dan masukan anda sangat kami harapkan agar lebih baik lagi. 

Related Posts

Previous
Next Post »