Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan dan Hewan

Syauqisubuh- Jika kita perhatikan tumbuhan dan hewan di sekitar kita, pada awalnya hewan dan tumbuhan itu berukuran kecil, kemudian secara bertahap menjadi besar. Peristiwa bertambah besarnya ukuran makhluk hidup itulah yang disebut dengan pertumbuhan. ketika mengalami pertambahan ukuran (tumbuh) tersebut, makhluk hidup juga mengalami perubahan. Perubahan-perubahan pada makhluk hidup yang mengiringi pertumbuhan disebut dengan perkembangan. Bagaimana pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan dan hewan?. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan.

Berikut ini dua jenis faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan

1. Faktor internal (dari dalam), meliputi:
a. Henetik, faktor yang diturunkan dari induknya
b. Hormon, yang terdiri atas:
  • Auksin yang berfungsi untuk memancu perpanjangan sel, merangsang terbentuknya bunga dan buah, serta mengaktifkan kambium.
  • Sitokinin yang berfungsi untuk memacu pembelahan sel  dan pertumbuhan akar dan tunas.
  • Giberelin yang berfungsi untuk merangsang perkecambungan biji
  • Etilen yang berfungsi merangsang pemasakan buah dan penuaan daun.
  • Asam absisat yang berfungsi untuk merontokkan daun.

2. Fungsi ekternal (dari luar), meliputi:
  • Suhu, tumbuhan merupakan suhu lingkungan yang sesuai agar bisa tumbuh, berkembang dan hidup. Misalnya bunga tulip hanya hidup dilingkungan sub tropis yang bersuhu rendah dan tidak akan bisa tumbuh di lingkungan tropis yang bersuhu panas.
  • Cahaya, tumbuhan sangat memerlukan cahaya untuk proses fotosintesis dan gerak tumbuhan
  • Kelembapan, adalah uap air yang ada diudara. Kelembapan sangat diperlukan untuk tumbuh dan berkembang pada tumbuhan seperti lumut dan jamur.
  • Oksigen, diperlukan untuk proses respirasi tumbuhan
  • Air, tanpa air tumbuhan tidak akan mampu bertahan hidup
  • Unsur hara, merupakan makanan bagi tumbuhan.

Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Hewan
Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan terjadi diseluruh bagian tubuh, berbeda dengan tumbuhan yang terjadi hanya pada bagian tertentu saja, yaitu di daerah meristem. Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan diawali sejak terbentuknya zigot dari proses pembuahan dan terus terjadi hingga mencapai usia dewasa.

Dengan demikian pertumbuhan dan perkembangan pada hewan dapat di bagi dalam dua fase, sebagai berikut:
a. Fase embrionik
Pertumbuhan pada fase ini dimulai segera setelah sel telur (ovum) dibuahi oleh sel sperma. Pertumbuhan dibagi lagi dalam beberapa fase yaitu mitosis (pembelahan sel), morula, blastula, grastula, dan organgenesis (pembentukan organ tubuh).

b. Fase pascaembrionik
Pertumbuhan pasca embrionik dimulai ketika hewan itu lahir ada hewan vivipar atau menetas pada hewan ovipar. Semua bagian tubuh mengalami pertumbuhan dengan kecepatan yang berbeda-beda. Pertumbuhan akan berhenti pada suatu waktu ketika hewan sudah mencapai dewasa.

Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan dipengaruhi oleh dua faktor sebagai berikut:

a. Faktor internal
Berikut faktor dari dalam tubuh makhluk hidup yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.
  1. Gen, merupakan faktor penentu sifat yang diturunkan dari induknya. Sifat-sifat gen setiap jenis hewan berbeda.
  2. Hormon, memengaruhi aktivitas di dalam tubuh. Hormon yang memengaruhi pertumbuhan hewan dan manusia disebut hormon somatotrof.

b. Faktor ekternal
Pertumbuhan dan perkembangan juga dipengaruhi oleh faktor dari luar. Berikut faktor dari luar yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan dan manusia.
  1. Makanan, semua makhluk hidup membutuhkan makanan sebagai sumber tenaga dan pembangun tubuh. Makanan sebagai sumber tenaga adalah karbohidrat, sedangkan sumber pembangun tubuh adalah protein. Ketercukupan kebutuhan makanan akan menjadikan hewan atau manusia tumbuh optimal.
  2. Sinar matahari, diperlukan dalam pengubahan provitamin D menjadi vitamin D. Vitamin D membantu penyerapan kalsium dan fosfor dari makanan.
  3. Aktivitas fisik, yaitu kegiatan fisik, yang dilakukan hewan, akan dapat memperbesar ukuran otot dan tulang.
  4. Suhu, hewan juga membutuhkan suhu yang sesuai untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan.


Comments