Sebab dan Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar

Syauqisubuh- Rasa tidak nyaman akan muncul ketika kita ingin buang air besar namun hal ini terhalang karena susahnya buang air besar atau biasa dikenal dengan sebutan sembelit. Bagi sebagian orang yang mengalami ini, banyak di antaranya tidak mengetahui apa yang menjadi sebab sehingga anda susah buang air besar.


Untuk diketahui susah buang air besar (BAB) tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, tidak menutup kemungkinan hal ini pun juga akan terjadi bagi anak-anak. Nah, secara umum kondisi ini diakibatkan karena kurangnya asupan serat dan konsumsi air putih. masalah sembelit akan rentan bagi anda yang doyan mengkonsumsi daging namun tidak suka dengan buah atau pun sayur-sayuran. 

Masih banyak pemicu yang dapat menyebabkan anda susah untuk buang air besar. seperti dalam uraian berikut ini:

Suka Menahan BAB
Hal ini sangat tidak baik untuk dilakukan, bagi anda yang mungkin sedang sibuk-sibuknya namun hasrat BAB pun muncul di kala kesibukkan anda. Maka, sempatkanlah untuk ke kamar kecil (WC) karena kebiasaan ini sangat tidak baik bagi kesehatan anda. alhasil jika ini dilakukan terus menerus maka akan menggangu siklus pembuangan akhir anda.

Salah Makan
Nah, ini juga merupakan penyebab yang harus diperhatikan, salah makan bisa saja menimbulkan sembelit, Maka anda harus cermat dalam memilih makan-makanan seperti makanan kalengan, daging, goreng-goreangan dan lain sebagainya.

Kurang asupan Serat
Penyebab lainnya adalah kurangnya asupan serat yang anda konsumsi, buah yang mengandung serat seperti Kiwi akan sangat baik untuk di konsumsi untuk mencegah susah buang air besar.

Nah, setelah kita menyadari apa saja yang menjadi sebab-sebab terjadinya sembelit maka kita seharusnya tidak melakukan yang demikian, lantas bagaimana caranya ketika kita sedang sembelit?? berikut adalah cara yang di rasa cukup ampuh untuk mengatasi sembelit.

1. Perbanyak Konsumsi Air putih dan Buah 
Konsumsi air putih yang cukup setidaknya 8 gelas dalam sehari atau anda bisa mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung serat seperti kiwi, pepaya. untuk penangan awal

2. Minum Obat Sembelit
Jika dirasa susah buang air besar (BAB) sudah tidak tertahan kan lagi anda bisa membeli obat-obat untuk sembelit yang tersedia di apotek terdekat untuk mengobati sembelit anda.

3.Sakit Berlanjut Hubungi Dokter
Jika obat yang anda beli juga tidak manjur untuk mengobati sembelit anda, hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut. 

itulah mungkin, singkatnya apa penyebab sembelit atau susah buang air besar dan bagaimana cara mengatasinya. semoga bermanfaat. 

Share this

Terima Kasih, semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda, kritik dan saran mohon di kolom komentar untuk lebih baik lagi.

Related Posts

Previous
Next Post »