Hal yang Dapat Menyebabkan (Pemicu) Sakit Kepala

SyauqiSubuh- Beberapa orang menemukan bahwa keadaan lelah atau menyantap makanan tertentu akan menimbulkan atau memperburuk sakit kepala. Mengetahui pemicunya dapat membantu Anda untuk memperkecil kemungkinan sakit kepala di kemudian hari.

Berikut adalah 10 pemicu utama sakit kepala

1. Cuaca
Cuaca menjadi pemicu utama muncul sakit kepala. Walaupun tak setiap jenis cuaca menimbulkan sakit kepala, namun ketika cuaca berubah panas, perubahan tingkat kelembaban dan tekanan udara dapat mengubah zat kimiawi dalam otak, yang kemudian memicu sakit kepala.
Memang tak mungkin mengubah cuaca, namun kita mungkin mempersiapkan diri terhadap serangan sakit kepala dengan selalu membawa obat pereda rasa sakit.

2. Stres
Sekitar dua per tiga orang menyalahkan stres sebagai penyebab serangan nyeri ini. Akan tetapi sakit kepala hadir justru setelah masa stres berakhir. Penyebabnya adalah hormon yang tengah aktif untuk melawan stres tiba-tiba turun, yang kemudian memicu saluran darah membesar dan bereaksi, kemudian memicu sakit kepala.
Stres juga dapat menyebabkan ketegangan di area leher, bahu, dan otot kepala8. Hal ini lebih lanjut mempengaruhi postur dan makin parah jika penderita dalam posisi duduk di depan komputer terlalu lama dan jarang melakukan pekerjaan fisik. Sering memicing saat membaca juga dapat menimbulkan ketegangan otot kepala. Semua itu hal-hal yang memicu sakit kepala akibat stress
Cegah hal ini terjadi dengan menemukan cara mengontrol stress, misalnya dengan tehnik relaksasi seperti laihan pernapasan atau yoga

3. Hormon
Jika Anda seorang wanita, maka Anda sudah tak asing akan hormon yang dapat memicu sakit kepala, terutama hormon yang muncul pada masa menstruasi. Hal ini dapat disebabkan oleh  turunnya tingkat estrogen saat menstruasi, dan memicu sakit kepala.
Anda tak dapat mengubah siklus menstruasi tanpa konsultasi dokter, namun jika sakit kepala amat parah, mereka bisa memberikan obat yang dapat membantu kondisi ini.

4. Diet Anda
Diet berperan penting dalam kesehatan dan keberadaan Anda secara keseluruhan, dan bisa jadi faktor penting yang memicu sakit kepala. Beberapa makanan dipercaya sebagai pemicu: keju (terutama keju yang lembut), coklat, buah-buahan asam, daging diawetkan, kacang-kacangan, panganan asin dan makanan dengan MSG . Bahkan es krim pun bisa memicu sakit kepala bagi sebagian orang, meski hanya beberapa menit saja.
Cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan tersebut sehingga kemungkinan sakit kepala dapat diperkecil.

5. Minum
Mengkonsumsi terlalu banyak minuman tertentu seperti teh, kopi atau alkohol dapat memicu hadirnya sakit kepala. Batasi asupan teh dan kopi dalam satu hari, dan sertai dengan air putih. Dehidrasi merupakan salah satu sebab timbulnya sakit kepala.

6. Terlambat makan
Pemicu lain adalah terlambat makan. Terlambat makan membuat tingkat gula darah menurun, yang kemudian mendorong sakit kepala. Banyak makan gula juga dapat memicu serangan sakit kepala. Penyebabnya adalah peningkatan gula darah secara cepat. Disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat yang dapat membuat Anda terhindar dari sakit kepala.

7. Kurang tidur
Kurang tidur juga memicu sakit kepala1. Ikuti pola tidur yang berimbang: tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk akhir pekan1.

Comments