Masker Cokelat Untuk Merawat Wajah

merawat wajah dengan masker coklat - alodokterSyauqiSuubuh- Siapa yang tidak suka coklat? Penganan yang telah dikonsumsi sejak 1900 SM ini tidak hanya nikmat disantap sebagai camilan atau minuman, tapi juga bisa dijadikan bahan produk perawatan kecantikan berupa masker coklat.

Coklat merupakan hasil olahan dari biji pohon Theobroma cacao. Makanan para dewa ini bisa dibentuk menjadi cairan, pasta, bubuk, atau batangan serta digunakan sebagai bahan baku makanan manis lainnya. Tapi sekarang, coklat juga dijadikan sebagai masker coklat yang berkhasiat bagi kulit wajah.


merawat wajah dengan masker coklat 

Kandungan dan Manfaat Coklat
Tidak hanya lezat di lidah, coklat pun menyimpan berbagai nutrisi penting yang bermanfaat bagi tubuh. Dalam 100 gram coklat, terkandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B6, B9, B12, kolin, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, sodium, dan zinc.

Coklat juga kaya akan flavonoid, yaitu zat alami atau senyawa dengan efek antioksidan. Antioksidan berfungsi melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Kulit pun tampak awet muda, terhindar dari penuaan dini, dan mungkin terlindung dari kerusakan akibat sinar matahari. Namun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendukung teori ini.

Coklat sering dipercaya sebagai biang keladi timbulnya jerawat. Nyatanya tidak ada bukti sampai saat ini yang mendukung pernyataan tersebut. Belum ada penelitian yang mengidentifikasi adanya senyawa, bahan, atau bahan kimia alami dalam coklat murni yang dapat memicu timbulnya jerawat atau membuat jerawat menjadi lebih parah.

Beberapa orang bahkan mengoleskan cocoa butter pada kulit untuk mengatasi kerutan dan mencegah stretch mark selama kehamilan.

Membuat Masker Coklat
Daripada mahal-mahal pergi ke salon, Anda bisa membuat sendiri masker coklat yang bagus untuk kulit ini di rumah. Selain ramah di kantong alias murah meriah, wajah pun menjadi bersih dalam waktu singkat. Berikut adalah cara membuat masker coklat.

Bahan:
  • 4 sdm biji kopi
  • 4 sdm coklat bubuk tanpa campuran
  • 8 sdm susu cair putih
  • 2 sdm madu

Cara membuat:

Giling biji kopi hingga menjadi potongan-potongan yang sangat kecil atau halus.
Campurkan coklat bubuk dan biji kopi yang sudah dihaluskan dalam mangkuk, aduk hingga rata.
Kemudian tambahkan susu, aduk kembali hingga rata.
Terakhir, masukkan madu ke dalam “adonan” masker tersebut. Aduk hingga tercampur rata.
Oleskan masker coklat ini pada wajah dan leher Anda. Tunggu sekitar 30 menit dan bilas dengan air.
Coklat kemungkinan aman digunakan oleh tiap orang. Namun jika kulit wajah Anda menjadi kemerahan, beruam, gatal, atau menunjukkan tanda-tanda reaksi alergi setelah mengoleskan masker coklat, segera periksakan ke dokter.

[Sumber: http://www.alodokter.com/merawat-wajah-dengan-masker-coklat ]

Share this

Accountant, Blogger, Copywriter.  Kritik, saran dan masukan anda sangat kami harapkan agar lebih baik lagi. 

Related Posts

Previous
Next Post »