Dampak Buruk Kesalahan Penggunaan Gadget/ Smarphone

SyauqiSubuh- Nggak diragukan lagi kalau handphone menjadi salah satu gadget yang paling penting dalam kehidupan kita. Khususnya saat kita sedang dalam keadaan darurat atau ingin menjaga hubungan dengan seseorang yang jauh dengan kita.

Tetapi, lama kelamaan, banyak orang yang mulai salah dalam menggunakan gadget multifungsional ini. Penggunaan hp ini justru memberikan dampak buruk dalam kehidupan mereka.

Menjadi adiktif
smartphone-users Semua waktumu tersita hanya karena sibuk memainkan hp. Sms, telpon, bermain sosial media, mengirim email, dan sebagainya. Tentu saja hal tersebut sangat berguna. Tetapi bukan kegunannya yang menjadi permasalahan, melainkan orang-orang yang memainkannya terlalu terpaku dan menghabiskan banyak waktu untuk mengoperasikan macam-macam aplikasi di dalamnya. Sampai ketika saat makan atau bekerja, tangan selalu nggak bisa lepas dari hp. Tanpa disadari, mereka melewatkan waktu berharga yang seharusnya dihabiskan dengan keluarga, teman atau pasangan.

Menciptakan Hubungan Palsu
Terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bersosialisasi di dunia maya membuat sebagian besar orang mengabaikan interaksi di dunia yang sebenarnya. Banyak sekali orang-orang berkumpul dalam satu meja, tetapi semuanya sedang sibuk menatap hp masing-masing.Kamu menciptakan hubungan lewat hp-mu, tetapi melupakan interaksi sosial secara langsung di dunia nyata.

Perusak hubungan
Ingin menyenangkan hati pasangan? Tatap matanya, berbicara padanya, dan tinggalkan hpmu di dalam tas. Terbukti lewat sebuah penelitian mengatakn bahwa wanita menganggap hp sebagai salah satu faktor yang dapat merusak hubungan asmara.

Begitupun dalam keluarga. Kalau orang tua sedang asyik bermain dengan hpnya, kemungkinan besar anaknya tidak akan mendapat perhatian. Dan ini berujung pada hal-hal negatif seperti kurang mendapat perhatian, bahkan anak akan mencontoh perilaku orang tuanya di masa depan.

Menghancurkan Batas antara Profesional dan Kehidupan Personal
Banyak orang penting yang terhubung dengan handphone-mu. Sehingga kamu nggak sempat unutk meninggalkan sebentar saja gadget tersebut, demi menjaga profesionalitas di hadapan mereka. Tetapi itu pun mengganggu kehidupan pribadimu sendiri. Kamu nggak memiliki waktu untuk menjalani kehidupan personal seperti melakukan hobi atau me-time sekali pun.

Kita harus dapat menyeimbangkan penggunaan gadget dalam kehidupan. Jangan sampai terlalu bergantung pada handphone merusak kehidupanmu yang sebenarnya. Gunakan dengan bijaksana, menjaga hubungan dengan orang jauh namun nggak melupakan hubungan dengan orang terdekatmu.

Share this

Accountant, Blogger, Copywriter.  Kritik, saran dan masukan anda sangat kami harapkan agar lebih baik lagi. 

Related Posts

Previous
Next Post »