3 Langkah untuk Meningkatkan Percaya Diri

Hasil gambar untuk percaya diriAda 3 Langkah Untuk Meningkatkan Percaya Diri Yaitu :

1. Know Your Self
Setiap manusia dilahirkan berbeda, bukan hanya penampilan fisik tapi juga cara berfikir, mental dan sebagainya. Orang yang paling mengenal diri kita seharusnya adalah diri kita sendiri. Seperti apa karakter, sifat, hobi dan potensi mesti kita ketahui. Jangan sampai kita menjadi orang asing bagi diri kita sendiri.


Kitalah yang mestinya paling tahu kelebihan dan kemampuan yang menjadi sumber percaya diri. Tentu kita juga yang seharusnya tahu kekurangan dan kelemahan yang menjadi sumber rasa minder. Cobalah membuat daftar kelebihan dan kekurangan diri. Tuliskan dalam selembar kertas. Isilah sebanyak-banyaknya. Biasanya kalo nulis kelemahan diri, lancar banget. Kalo menulis kelebihan, rada susah dan bingung.

2. Like Your Self

Setelah mengenali diri sendiri dengan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan, ada satu langkah lagi yang harus dilakukan. Sukailah diri anda sendiri dengan segala kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Kalo anda tidak suka dengan diri sendiri, jangan harap orang lain akan suka.
Entah apapun dan bagaimanapun kondisi diri, kita harus menyukainya. Orang minder biasanya tidak suka dengan apa yang ada di dirinya. Mereka benci dirinya sendiri, keadaan dan apa yang sudah terjadi. Sebaliknya dia lebih menyukai orang lain daripada dirinya sendiri. Selalu membandingkan kelebihan orang lain dengan kekurangan yang dimilikinya.

3. Accept Your Self

Langkah terakhir untuk meningkatkan percaya diri adalah dengan menerima diri kita apa adanya. Kondisi fisik kita yang tak bisa dirubah, harus disyukuri sebagai anugrah Illahi. Begitu juga dengan keluarga, kita tak bisa memilih akan dilahirkan dari keluarga miskin atau kaya, harmonis atau broken home. Terkadang apa yang terjadi di masa lalu menjadi beban dalam diri. Padahal masa lalu telah pergi dan tak akan kembali, tak perlu kita sesali apa yang telah terjadi.
Terimalah semua dengan lapang dada. Ikhlaskan apa yang sudah terjadi. Lepaskan semua beban. Fokuslah kepada kelebihan dan kemampuan yang dimiliki. Yakinlah dengan apa yang sudah kita punya. Kalo orang lain bisa, kita juga bisa. Percayalah pada diri sendiri, kejarlah mimpi yang tak bertepi. Melangkahlah untuk meraih semua cita dan cinta…

Share this

Accountant, Blogger, Copywriter.  Kritik, saran dan masukan anda sangat kami harapkan agar lebih baik lagi. 

Related Posts

Previous
Next Post »