Tips Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya

KIKI BLOG- Kutu rambut atau telur kutu rambut dapat hidup dan bertumbuh di rambut kepala dikarenakan kurangnya menjaga kebersihan rambut sehingga kutu rambut dan telurnya dapat berkembang biak di rambut kepala  selain itu selalu berdekatan dengan orang yang memiliki kutu rambut di kepalanya merupakan salah satu penyebab tertularnya kutu rambut.

Biasanya kutu rambut sering dialami oleh anak-anak karena mungkin tertular dari teman-temannya atau karena kurang menjaga kebersihan rambutnya sehingga rambutnya menjadi kotor, berminyak dan bau jika beberapa hari tidak dibersihkan kemungkinan kutu rambut akan dengan mudah untuk hidup dan berkembang biak di rambut kepala, terutama untuk yang mempunyai rambut panjang dan lebat sebaiknya untuk lebih menjaga kebersihan rambutnya.

Kutu rambut dapat hidup dan berkembang biak di rambut kepala dengan menghisap darah di kulit kepala sebagai sumber makanannya dan biasanya kepala akan terasa gatal-gatal, kutu rambut betina mempunyai tubuh yang lebih besar daripada kutu rambut jantan dan dapat berkembang biak dengan cepat di rambut bahkan jikakutu rambut sudah cukup banyak akan terlihat di bergerak-gerak di sekitar dekat telingan dan leher, oleh karena itu sangat penting selalu menjaga kebersihan rambut agar terhindar dari kutu rambut.

Beberapa cara untuk menghilangkan kutu rambut diantaranya:

  • Anda bisa menggunakan sisir rapat atau serit untuk mengurangi jumlah kutu rambut di kepala.
  • Untuk cara praktis adalah dengan memotong rambut sependek-pendeknya bila perlu rambut dipotong habis atau digundul.
  • Bisa juga menggunakan obat kimia untuk membasmi kutu rambut di kepala hasilnya memang langsung cepat hilang tapi kadang efek dari bahan kimianya yang keras mebuat kulit kepala menjadi gatal dan berketombe serta rambut menjadi rontok.
  • Anda bisa juga menggunakan cara yang alami yang lebih aman untuk rambut dan kulit kepala namun hasilnya memang agak lama dan diperlukan usaha ekstra agar terbebas dari kutu rambut.

Beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan kutu rambut secara alami:

  • Minyak kelapa, ambil secukupnya minyak kelapa lalu panaskan sampai agak hangat kemudian oleskan di kulit kepala dan tutup menggunakan handuk lalu biarkan semalaman paginya anda bisa keramas sampai bersih lalu sisir dengan menggunakan serit atau sisir rapat, lakukan berturut-turut selama 3 hari.
  • Cuka putih, anda bisa menggunakan cuka putih hanya untuk melepaskan pegangan kutu rambut di batang rambut sehingga anda bisa dengan mudah menggunakan sisir rapat untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya, caranya oleskan cuka putih pada rambut anda sampai merata kemudian tutup dengan menggunakan topi mandi dan biarkan selama setengah jam lalu sisir dengan sisir rapat setelah itu keramas sampai bersih.
  • Bawang merah, ambil bawang merah secukupnya kemudian hancurkan sampai lembut atau anda bisa menggunakan blender kemudian oleskan ke kulit kepala sampai merata lalu tutup dengan topi mandi selama beberapa menit lalu bersihkan sambil keramas, lalu sisir dengan menggunakan serit atau sisir rapat jika kutu rambut masih tersisa anda bisa mengulanginya di hari berikutnya.
  • Jeruk nipis dan minyak kayu putih, siapkan kira-kira dua sendok makan minyak kayu putih lalu campurkan dengan air jeruk nipis kemudian oleskan pada kulit kepala dan tutup dengan topi mandi biarkan selama kira-kira 1 jam  kemudian bersihkan menggunakan shampo, lalu sisir dengan menggunakan sisir rapat jika kutu rambut masih tersisa anda bisa mengulanginya di hari berikutnya.

Cara untuk menghindari kutu rambut berkembang biak di kepala:

  • Selalu menjaga kebersihan rambut dengan rajin keramas dengan menggunakan shampo yang cocok dengan rambut atau kulit kepala anda..
  • Hindari menggunakan aksesoris atau barang-barang yang digunakan di kepala bergantian dengan orang lain misalnya topi, jepit, sisir atau barang-barang lainnya.
  • Sebaiknya hindari berdekatan atau tidur bersebelahan dengan orang yang memiliki kutu di rambutnya.
  • Selalu menjaga kebersihan sarung bantal, handuk, sisir, topi atau barang lainnya yang berhubungan dengan kepala yang biasa anda gunakan setiap hari.

Itulah  Tips menghilangkan kutu rambut dan telurnya, sangat penting selalu menjaga kebersihan rambut agar terhindar dari berkembang biaknya kutu rambut dan telur kutu rambut di kepala. Semoga bermanfaat.

Share this

Accountant, Blogger, Copywriter.  Kritik, saran dan masukan anda sangat kami harapkan agar lebih baik lagi. 

Related Posts

Previous
Next Post »