Tips Hemat Uang Jajan Mahasiswa Kos

KIKI BLOG- Menjadi mahasiswa memang menjadi impian sebagian besar pelajar. Bagi pelajar yang meneruskan ke perguruan tinggi yang berada di luar daerahnya, kehidupan "anak kos" tentunya sudah pasti dijalani.

Bagi sebagian mahasiswa kos, jauh dari orang tua adalah sebuah kepastian dan untuk meminta uang jajan tentunya tidak semudah jika dibandingkan dengan masa SMA.
Bagi Anda yang berasal dari keluarga yang memiliki finansial kelas atas berapa pun uang yang Anda butuhkan sepertinya tidak akan menjadi masalah. Namun, bagi Anda yang memiliki finansial kelas menengah ke bawah dibutuhkan taktik untuk mengelola keuangan agar uang jajan yang diberikan orang tua cukup sesuai batas waktunya. Berikut adalah tips yang dapat Anda lakukan.

1) Buat daftar skala prioritas

Hal ini penting untuk menentukan kebutuhan mana yang harus anda penuhi segera dan mana yang bisa ditunda. Sehingga kebutuhan dasar Anda tidak terlewatkan, jangan sampai Anda bisa membeli baju mahal, namun Anda tidak makan selama seminggu. Anda juga perlu menahan diri dari keinginan-keinginan akan hiburan yang menguras uang jajan, seperti menonton konser, menonton film di bioskop dan berwisata. Selain Anda harus mengeluarkan uang untuk membeli tiket masuk, kemungkinan besar Anda juga akan makan di luar yang bisa membaut kantong Anda menipis sebelum akhir bulan.

2) Catat semua penggunaan uang jajan

Catatan ini penting untuk anda memonitoring uang jajan, misal pengeluaran Anda minggu ini berlebihan karena sakit dan harus ke dokter, maka Anda bisa mengatur kembali kebutuhan minggu depan agar pengeluaran anda tetap terkendali. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui sisa uang jajan dari bulan ini, dan sisa ini bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan hiburan Anda seperti berwisata, menonton di bioskop, menonton konser atau sekadar ingin makan di luar.

3) Masak makanan sendiri

Jika kondisi kos yang Anda tempati memungkinkan, masaklah sendiri, bagaimana pun juga pengeluaran Anda bisa lebih hemat. Apabila tidak memungkinkan untuk memasak sendiri, belilah rice cooker untuk menanak nasi sehingga Anda cukup ke warung untuk membeli lauknya saja, ini lebih mudah dilakukan. Ini juga berlaku untuk minuman, jika membeli minuman di warung dirasa mahal, anda bisa membeli dispenser, apa bila keuangan Anda tidak mencukupi, belilah heater yang sekadar digunakan untuk memanaskan air dan Anda cukup membeli gula, teh, kopi, susu atau minuman lain yang Anda inginkan.

4) Mencuci pakaian sendiri

Jika kos anda memiliki tempat untuk menjemur dan menyuci, cucilah pakaian sendiri.  Apabila menggunakan jasa laundry, Anda harus mengeluarkan uang lagi dan bisa memakan waktu hingga 3-4 hari, selain itu jika menyuci sendiri, anda tidak perlu khawatir pakaian Anda rusak atau tertukar.

5) Gunakan transportasi umum

Apabila di wilayah kampus anda terdapat angkutan umum dan bisa mengurangi pengeluaran, sebaiknya Anda memanfaatkannya. Terlebih jika kos anda dekat dengan kampus, anda bisa jalan kaki atau menggunakan sepeda, bisa juga Anda berangkat bersama dengan teman anda apabila tidak keberatan.

6) Jagalah kondisi kesehatan

Selama menjadi mahasiswa, Anda harus menjaga kesehatan, jika sakit, segeralah memeriksakan diri ke dokter agar penyakit Anda tidak bertambah parah yang pada akhirnya memaksa anda mengeluarkan dana lebih karena Anda harus rawat inap di rumah sakit. Jika Anda memiliki asuransi kesehatan seperti Askes atau semacamnya, jangan malu-malu untuk menggunakannya.

Demikian tips untuk menghemat pengeluaran bagi Anda yang masih mahasiswa, kuncinya adalah Anda harus mampu memilih dan memilah
kebutuhan yang penting dan tidak penting dan jangan malu untuk melakukannya. Selamat mencoba.

Share this

Accountant, Blogger, Copywriter.  Kritik, saran dan masukan anda sangat kami harapkan agar lebih baik lagi. 

Related Posts

Previous
Next Post »