Tips dan Cara Memeprcepat Koneksi Internet Di Android

KIKI BLOG- Koneksi internet yang cepat tanpa lelet adalah idaman pengguna internet di dunia. Di Indonesia, layanan jaringan internet berbasis mobile broadband oleh provider seluler GSM dengan 3G/HSDPA sudah mulai diterapkan, meskipun negara-negara maju sudah mulai meninggalkan teknologi 3G ini dan beralih ke 4G dan 5G yang tentunya kecepatan internet lebih cepat. Masalahnya di Indonesia, provider GSM yang menyediakan layanan 3G tidak mengcover semua wilayah sampai desa terpencil, namun belum bisa menikmati sepenuhnya layanan 3G untuk koneksi internet lebih cepat.

Namun bagi Anda pengguna Android, baik itu smartphone dan tablet dengan platform Android ada cara mempercepat koneksi internet di Android dimana Anda bisa menerapkan cara ini agar mampu menghasilkan internet yang cepat dan stabil. Berikut ini Tips dan Cara Memeprcepat Koneksi Internet Di Android;

1. Gunakan Provider Seluler terbaik

Salah satu tips untuk mempercepat koneksi internet di Android Anda adalah menggunakan provider GSM yang sudah memiliki teknologi mobile broadband dengan layanan 3G. Meskipun belum mengcover semua 100 persen luas wilayah Indonesia namun Provider GSM mampu memberikan layanan internet cepat dan murah dan jaringan tersedia sampai ke kecamatan di Nusantara, yang tentunya menggunakan paket internet murah, baik kuota maupun paket flash unlimited agar internetan bisa lebih murah.

2. Gunakan Jaringan 3G
Settingan jaringan di Android bisa Anda ubah menjadi jaringan 3G, agar dimanapun Anda berada koneksi internet Anda tetap stabil dengan layanan 3G internet. Pada setinggan jaringan di Android ada 3 mode jaringan yang bisa Anda pilih yaitu;

  1. Jaringan GSM/WCDMA mode dengan otomatis berpindah dari GSM ke WCDMA jika jaringan tersedia.
  2. Jaringan hanya GSM
  3. Jaringan WCDMA Saja
Tips dan Cara Memeprcepat Koneksi Internet Di Android

Maka pilih jaringan yang nomor tiga agar tetap berada pada jaringan 3G dengan koneksi internet cepat.

3. Jangan membuka Aplikasi terlalu Banyak
Disaat Anda ingin mulai melakukan browsing melalui browser di Android, sebaiknya matikan dulu aplikasi yang sudah Anda buka yang belum tertutup yang mungkin sedang berjalan dibalik layar. Agar tidak terlalu banyak memakan RAM yang akan memperlambat kerja browser dan juga koneksi internet.

4. Jangan Jadikan Android Anda Sebagai Wireless modem atau Wifi buat Orang lain
Ada sebagian HP atau tablet Android bisa dijadikan wireless modem atau wifi jika Anda share maka koneksi internet Anda akan lambat.

5. Hapus History dan Cache Browser Android
Untuk mempercepat koneksi internet, hapuslah history internet yang tidak penting, begitu juga dengan cache di browser yang bisa memperlambat akses internet Anda. Untuk cara menghapus history dan cache browser silakan baca cara hapus cache browser di Android. 

6. Pilih Browser Android Friendly
Untuk browser khusus mobile khususnya di Android, mungkin berbeda di PC, di Android ada sepesial browser untuk android, namun bisa juga menggunakan Chrome yang ramah untuk Android dan juga bisa di singkronkan dengan browser penelusuran dan data PC.

Mudah-mudahan tips dan cara untuk mempercepat koneksi Internet di Android ini bisa menjadi solusi buat Anda yang mengidamkan koneksi internet yang cepat dan stabil. Dan ini bisa menjadi jawaban bagi Anda.! Selamat mencoba.

2 Comments

  1. Mantap Artikelnya.. bisa dicoba nih buat mempercepat koneksi internet di android ane hehehe..
    makasih infonya ya gan..

    BalasHapus