Stroberi – Kandungan Nutrisi dan Manfaatnya bagi Kesehatan

KIKI BLOG- Buah stroberi (strawberries), yang juga dikenal dengan buah arbei, adalah buah yang sangat populer di dunia, dan sudah dikenal luas akan aroma khasnya, warna merah terangnya, bentuknya dan juga rasanya. Buah stroberi juga dikonsumsi dalam jumlah besar, baik dalam bentuk buah aslinya maupun dalam bentuk lain seperti manisan, es krim, jus buah, cokelat, hingga milkshake.

Semua orang tahu bahwa buah stroberi sangat enak. Akan tetapi, tahukah anda nutrisi yang terkandung dalam buah stroberi? dan apa manfaat stroberi bagi kesehatan?

Kandungan Nutrisi Stroberi

kandungan nutrisi buah stroberi
Buah stroberi merupakan sumber Vitamin C yang sangat baik, begitu pula halnya akan kandungan flavanoids dan phenolic acids. Stroberi juga mengandung fisetin dan memiliki level tinggi antioksidan dibandingkan buah lainnya.
Buah ini sangat rendah akan lemak jenuh, kolesterol dan sodium. Selain itu, stroberi juga termasuk sumber mineral potas, mangan, dan iron yang cukup baik, dilengkapi dengan beberapa vitamin seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin K, vitamin A, and vitamin E.
Gambar di samping menunjukkan tabel kandungan nutrisi buah stroberi per 255 gram sajian. (klik gambar untuk memperbesar)

Manfaat Stroberi untuk Kesehatan

Dengan kandungan nutrisinya, buah stroberi memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Dan berikut adalah beberapa manfaat utama buah stroberi untuk kesehatan tubuh:
Antioksidan
Stroberi mengandung senyawa kimia yang disebut fenol. Antosianin (Anthocyanin), salah satu jenis fenol yang melimpah pada buah stroberi, menjadikan buah ini berwarna merah terang. Antosianin dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh, yang mana dapat berperan sebagai agen antioksidan dalam tubuh.
Diet
Satu cangkir stroberi, kurang lebih 255 gram, dapat memenuhi lebih dari 13% asupan serat harian yang disarankan. Kandungan serat dalam stroberi dapat membantu memperlancar pencernaan, membuat anda kenyang lebih lama, dan dapat menurunkan tekanan darah.
Kesehatan mata
Penelitian menyatakan bahwa sajian tiga buah atau lebih buah stroberi setiap harinya dapat menurunkan resiko degenerasi makula dan katarak yang berhubungan dengan usia hingga sepertiganya.
Kesehatan tulang
Mangan sangat baik untuk kesehatan tulang. Selain itu, mineral potasium, magnesium, dan vitamin K pada buah stroberi juga baik dalam mempromosikan tulang yang sehat.
Anti-inflamasi
Senyawa fenol dalam stroberi juga dapat melawan banyak gangguan inflamasi, seperti osteoarthritis, asma dan aterosklerosis, dengan menghambat enzim siklooksigenase (COX) dengan cara yang sama yang dilakukan obat aspirin dan ibuprofen. Stroberi, bagaimanapun, tidak membawa efek samping yang tidak diinginkan seperti gangguan pencernaan.
Anti-kanker
Kombinasi agen antioksidan dan anti-inflamasi yang ditemukan dalam stroberi terkenal dapat melawan timbulnya berbagai bentuk kanker. Berkat vitamin C, folat, dan flavonoid yang dikandungnya, stroberi adalah pertahanan yang hebat untuk melawan sel berpotensi kanker.
Vitamin C melimpah
Seperti ditunjukkan oleh gambar di atas, sajian 255 gram buah stroberi dapat memenuhi lebih dari 150% asupan harian vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat efektif, dapat memperkuat daya tahan tubuh, dan membantu menurunkan tekanan darah.
Mangan
Mangan (manganese) adalah nutrisi penting yang bertindak sebagai antioksidan kuat dan agen anti-inflamasi. Dengan meningkatkan kadar superoxide dismutase (SOD), mangan tidak hanya membantu untuk melawan radikal bebas, tetapi juga mengurangi inflamasi sel–penyebab lain dari berbagai penyakit kardiovaskular.

Comments