Tangani Stres Kuliah dengan Cara Ini

Syauqisubuh- Di luar semua kesibukan sebagai mahasiswa, urusan akademik harus selalu menjadi prioritas. Jika gagal di kelas, pengalaman semasa kuliah pun tidak akan berjalan baik.

Nyatanya, menjadikan urusan akademik sebagai prioritas sering kali melahirkan stres. Beban akademik seorang mahasiswa berbanding lurus dengan berapa banyak mata kuliah dan SKS yang diambilnya tiap semester. Semakin banyak SKS dan mata kuliah, maka tingkat stres saat kuliah juga semakin tinggi. Nah, supaya enggak berlarut dalam tekanan kuliah, simak beberapa tips berikut ini. 

1. Manfaatkan dosen
Dosen bisa menjadi aset terbaik ketika kita harus mengurangi stres akibat kuliah. Berkenalanlah dengan mereka dan minta bantuan dosen untuk membuatmu lebih memahami materi kuliah yang disampaikannya. Siapa tahu, sang dosen juga akan membantumu bersiap menghadapi ujian.

2. Rajin kuliah
Belajar di kelas bukan hanya membahas apa yang ada di buku teks. Kerap kali dosen juga menyampaikan berbagai informasi penting yang tidak tercantum di buku pegangan kuliah. Selain itu, dosen lebih suka membantu mahasiswa yang rajin kuliah ketimbang mahasiswa yang sering membolos.

3. Kurangi aktivitas non-akademik

Terlalu banyak kegiatan bisa membuatmu kehilangan fokus. Ingat saja, tujuan utama kita di kampus adalah lulus kuliah. Jadi, ketika tingkat stres kian tinggi, cobalah kurangi kesibukan di luar perkuliahan. Dengan begitu, kamu bisa kembali fokus belajar dan meraih kelulusan dengan stres minimal.

4. Hidup seimbang

Meski kuliah dan belajar adalah prioritas utama mahasiswa di kampus, kita harus memastikan bahwa kehidupan juga berjalan seimbang. Pastikan kamu tidur cukup, makan secara sehat dan berolahraga teratur. Kehidupan yang seimbang ini juga bisa mengurangi stres yang dirasakan mahasiswa.

5. Minta bantuan senior

Stres saat kuliah bisa jadi disebabkan kita belum mengetahui "medan" perkuliahan. Cobalah minta bantuan mahasiswa senior untuk memahami materi perkuliahan dan lebih mengenal dosen pengampu mata kuliah tersebut. Rahasia menaklukkan dosen killer dan mata kuliah sulit dari senior di kampus bisa menjadi obat terbaik untuk mengusir stres. (tamat)

Share this

Accountant, Blogger, Copywriter.  Kritik, saran dan masukan anda sangat kami harapkan agar lebih baik lagi. 

Related Posts

Previous
Next Post »