Bahaya Makan Mie Instan Pakai Nasi


Syauqisubuh- Makanan pokok sehari-hari orang Indonesia adalah nasi. Biasanya kalau tidak ada nasi, orang Indonesia akan makan mie instant. Bahkan sudah bertahun-tahun nasi dan mie instant menjadi pilihan utama kebanyakan orang Indonesia untuk melengkapi kebutuhan makan mereka.

Cukup banyak juga dari antara kita yang makan mie instant dan nasi secara bersamaan untuk lebih mengenyangkan perut. Memang kali kita melihat dari sisi kepraktisannya, mie instant itu sangat mudah dan juga murah, rasanya juga enak, apalagi kalau ditambahkan nasi, pasti mantap. Tapi sayangnya, cara makan seperti itu justru berbahaya bagi kesehatan kita karena mie instant dan nasi adalah makanan yang sama-sama mengandung karbohidrat dan kalori tinggi.
Jumlah kalori yang terdapat pada satu porsi mie instant adalah sebesar 400 kkal, atau sama dengan satu porsi nasi yang dilengkapi dengan lauknya pauknya. Nah, kalau mie instant tersebut kemudian ditambahkan lagi dengan nasi, kamu bisa bayangkan berapa jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Mie instant + nasi bisa mencapai 600 – 700 kalori sekali makan, sedangkan kebutuhan rata-rata orang dewasa adalah 1200 – 1500 kalori per hari.
Lalu apa dampaknya bagi kesehatan kita?
Makan mie instant dan nasi secara bersamaan bisa meningkatkan indeks glikemik yang mengakibatkan gula darah menlonjak tinggi. Ini kemudian bisa membuat seseorang beresiko mengalami masalah diabetes. Selain itu, hanya makan mie instant dan nasi tidak akan memenuhi kebutuhan gizi untuk tubuh kita karena tidak dilengkapi dengan protein, vitamin, serat, dan kebutuhan tubuh lainnya. Justru, semakin tingginya kalori yang masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan tubuh mudah gemuk.
Mulai sekarang, sebaiknya kamu mengurangi jumlah mie instant yang dimakan, cukup seminggu sekali saja. Dari pada menggabungkan nasi dengan mie instant, jauh lebih baik bila nasi ditambah dengan daging, telur, dan sayuran. Mie instant juga mengandung MSG dan garam dalam jumlah yang sangat tinggi, sehingga tidak baik untuk dikonsumsi terlalu banyak.
Demikianlah penjelasan singakat tentang bahaya makan mie instant pakai nasi. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Share this

Accountant, Blogger, Copywriter.  Kritik, saran dan masukan anda sangat kami harapkan agar lebih baik lagi. 

Related Posts

Previous
Next Post »