Cara Agar Gigi Tidak Berlubang

Syauqisubuh- Gigi yang sehat akan selalu didambakan oleh semua orang, jika kita malas merawat gigi dan senang mengonsumsi makanan bergula yang sekiranya dapat membuat gigi berlubang.

Masalah gigi yang sering dialami banyak orang adalah masalah gigi berlubang yang kadang sedikit mengganggu penampilan Anda. Penyebabnya sering kali dari kebiasaan Anda yang suka mengonsumsi makanan dan minuman yang manis dan lengket. Masalah gigi berlubang ini juga banyak ditemukan pada anak dengan usia di bawah 12 tahun.

Selain itu, laman MeetDoctor.com juga menjelaskan bahwa kebanyakan dari mereka membiarkan giginya berlubang hingga membusuk. Jadi sudah terlambat saat ke dokter gigi karena infeksinya sudah dalam dan harus dicabut. Jika gigi sudah busuk dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Gigi merupakan salah satu dari bagian sistem pencernaan. Bila ada gangguan, maka makanan tidak bisa dikunyah dengan baik sehingga lambung dan usus bekerja lebih keras.

Maka sebelum Anda mengalami masalah gigi berlubang, hendaknya Anda melakukan upaya pencegahan sebagai berikut:
  • Rajin sikat gigi. Kebanyakan orang terlebih lagi anak kecil malas menyikat gigi. Padahal menyikat gigi teratur minimal 2 kali dalam sehari setiap pagi dan malam hari menjelang tidur merupakan salah satu cara sederhana untuk melindungi gigi Anda. Karena jika kita tidak menyikat gigi, sisa makanan selama 24 jam akan berubah menjadi asam dan asam tersebut akan menjadi media kuman untuk berkembang.
  • Sebelum sikat gigi, ada baiknya berkumur terlebih dahulu untuk melembabkan gusi.
  • Gunakanlah sikat gigi yang lurus dan berbulu lembut, serta sikat gigi dengan pasta gigi.
  • Mengurangi makanan dan minuman yang manis dan lengket, seperti dodol, cokelat, permen dll.
  • Teknik sikat gigi mulai dari gigi belakang bawah dengan gerakan dari arah leher gigi menuju arah tumbuh gigi dengan gerakan naik turun. Lanjutkan bagian luar antara pipi dalam dan bagian dalam antara lidah dan gigi, diteruskan pada bagian depan gigi bawah dengan gerakan naik turun juga dari leher gigi menuju bagian atas gigi. Teruskan bagian dalam dan luar gigi menuju bagian oclusol (bagian mengunyah) dengan gerakan maju mundur. Lakukan sama pada rahang atas dan bawah.
  • Rutin bersihkan karang gigi dan lakukan pemeriksaan gigi rutin tiap 6 bulan.
Itulah cara agar gigi anda tidak berlubang, semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba.

Comments