Ini Dia 5 Makanan Yang Tidak Boleh Anda Beli

Syauqisubuh- Banyak bahan makanan yang dijual di supermarket, selain sayur, daging dan buah segar. Beberapa ada yang Anda butuhkan, namun ada pula yang sebaiknya dihindari, atau sebaiknya tidak usah dibeli.

Seperti dikutip www.doctoroz.com, makanan yang tidak baik dibeli dan bahkan dikonsumsi adalah sebagai berikut:

 1. Karbohidrat atau gula sederhana dan lemak tidak sehat
Abaikan semua makanan bergula tinggi seperti kue, sereal, es krim, permen, soda dan lain sebagainya yang memberikan rasa manis berlebih. Ini karena gula sederhana sangat cepat diserap dan memicu reaksi insulin yang memberi risiko hipertensi dan diabetes.

Selain itu Anda juga jadi mudah lelah dan mengantuk karena terlalu banyak gula. Kalori yang Anda dapat jadi sangat banyak, namun tidak sehat. Bukan hanya itu, risiko penambahan gula buatan juga buruk untuk kesehatan, terutama ginjal Anda. Jadi, sebaiknya pilih makanan berserat untuk mendapatkan gula alami dan gunakan sedikit gula untuk makanan Anda di berbagai kesempatan.  

2. Daging tinggi nitrat dan lemak jenuh
Daging olahan seperti kornet, sosis, dendeng, dan daging kemasan lainnya seringkali mengandung bahan kimia aditif atau pengawet makanan untuk menjaga kesegaran dan kelayakan makanan. Hal inilah yang perlu dihindari.

Berbagai macam daging berpengawet juga lebih banyak mengandung LDL, atau kolesterol jahat yang dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler. Jika ingin makan daging, lebih baik beli yang segar, yang jelas lebih kecil risikonya mengandung pengawet dan lebih rendah kadar lemak jenuh-nya.

3. Bahan yang susah diucapkan
Jika Anda mencoba membaca komposisi sebuah produk makanan kemasan dan menemukan banyak nama-nama yang susah diucapkan, asing dan menunjukkan bahan kimia, maka sebaiknya tinggalkan. Lebih dari 3 nama kimia yang Anda temukan di dalam sebuah produk, semakin tidak baik makanan tersebut.

4. Makanan sehat palsu
Jangan begitu saja percaya dengan label makanan sehat, rendah kalori, rendah lemak atau tinggi vitamin, karena belum tentu benar. Beberapa di antara makanan tersebut mungkin tinggi gula. Hindari pula makanan yang menyatakan sehat karena menyertakan biji-bijian serta kacang-kacangan, karena bentuk cookies dengan biji-bijian tersebut malah rendah serat.

5. Makanan kaleng tinggi sodium
Daripada membeli sop kaleng, atau semacamnya, mending memasaknya sendiri di rumah. Makanan kaleng yang memiliki rasa asin jelas kaya sodium. Hal ini bisa menguatkan potensi hipertensi, jadi sebaiknya hindari.

Kalau pun tidak bisa memasak tau tak sempat membuat makanan Anda sendiri di rumah, pastikan membeli makanan yang kaya sayur dan cukupi dengan makan buah, karena makanan yang dibeli di luar juga seringkali mengandung MSG atau pengawet makanan.

Jadi, mulai saat ini lebih cermat saat memilih makanan ya, terutama yang kemasan, karena tidak semua memberikan pengaruh baik untuk kesehatan Anda.

Share this

Accountant, Blogger, Copywriter.  Kritik, saran dan masukan anda sangat kami harapkan agar lebih baik lagi. 

Related Posts

Previous
Next Post »