Tips Mengelola Keuangan Mahasiswa Yang Pas


Syauqisubuh- Masa menjadi seorang mahasiswa adalah masa transisi dari masa remaja menjadi dewasa. Saat menjadi mahasiswa anda harus banyak belajar mengelola segalanya mulai dari keuangan, kesehatan dan perasaan. Waktu 4 tahun sudah cukup untuk mengajarkan anda segalanya. kali ini khusus kita akan membahas mengenai masalah keuangan yang menjadi salah satu momok yang menakutkan di masa mahasiswa sebab banyak mahasiswa yang hidup susah karena keuangan. Semestinya masalah keuangan dapat mudah teratasi bisa kita memiliki manajemen keuangan yang bagus juga. Nah bagaimana cara mengelola keuangan mahasiswa yang pas?


1. Rutin menabung
Ketika anda mendapatkan kiriman bulanan dari orang tua sebaiknya sisihkan banyak untuk menabung di tempat yang tidak mudah anda temukan . Dengan demikian jika anda rutin melakukannya maka tabungan akan meningkat dan dapat digunakan untuk keperluan lainnya di masa akan datang.

2. Batasi anggaran belanja pakaian
Pakaian seorang mahasiswa tidak perlu banyak – banyak . Cukup beberapa lembar saja asalak nrutin anda cuci cukup baik. Janganlah menghabiskan dana keuangan hanya untuk membeli pakain yang tidak selalu anda gunakan. Lebih baik alihkan pada pembelian buku atau peralatan kampus.

3. Batasi makanan
Saat menjadi mahasiswa carilah ide membuat makanan dengan bahan yang murah meriah. Anda sebaiknya memasak sendiri atau membeli sayuran untuk makan daripada harus makan di warung. Makan di warung harganya lebih mahal dan cukup menguras dompet anda. Beberapa mahasiswa menjadi pintar memasak selama menjadi anak kost.

4. Rutin berpuasa
Berpuasa senin kamis menjadi anjuran untuk mengehemat uang dan juga menambah pundi – pundi amal. banyak mahasiswa yang sukses karena mengamalkan puasa senin kamis.

5. Carilah beasiswa
Jangan selalu mengharap kiriman dari orang tua, tetapi berusahalah mandiri dengan cara mendapatkan beassiswa dari pihak – pihak tertentu. Banyak sekali penyedia beasiswa yang dapat menolong anda pada masalah keuangan.

6. Berwirausaha
Banyak sekali jenis pekerjaan yang dapat dilakukan mahasiswa tanpa harus mengganggu kuliah, beberapa diantaranya seperti menjual pulsa, menjalankan bisnis online dan sebagainya.

7. Kurangi hang out
Aktivitas mahasiswa yang sering kita temukan adalah kebiasaan untuk nongkorng di kafe, karaokean, nongkrong di mall. Tanpa sadar uang anda telah habis ketika pulang rumah karena anda merasa tidak enak bila tidak mengeluarkan uang saat hang out. 

Itulah  tips sederhana mengelola keuangan mahasiswa, Semoga dapat membantu para mahasiswa. Thanks :D

Share this

Accountant, Blogger, Copywriter.  Kritik, saran dan masukan anda sangat kami harapkan agar lebih baik lagi. 

Related Posts

Previous
Next Post »